Pembuktian Vario 125 Ganti Kipas Radiator PCX

Bukan hoak, bukan pula rekayasa.

Artikel “Atasi Ngorok Vario 125” telah memakan korban. Diantaranya bro Ya Dee yang sudah jengkel dengan suara ngorok yang misterius ini.

Ngobrol di jejaring Whatssapp bersama komunitas Vario 125 tadi sore, bro Ya Dee bercerita sedang berada di AHASS guna mengganti kipas radiator PCX125  ini yang sudah di pesannya beberapa bulan yang lalu ( inden massbroo, maklum part ori Thailand)

Dan  kami menunggu hasilnya sambil melototin bro Ya Dee ini menyicipi CBR150… xixixixixixi

Sayang pas penggantian tak sempat njepret, soalnya selain tehnisi dilarang masuk. Po pie aku manud… :mrgreen:

*edited.

Buat gambaran, ane sertakan pict ketika ane pasang kipas ini di Vario 125 ane.

Pengerjaannya mudah kok, cuman copot cover radiator, lepas baut radiator lalu ganti kipas radiator, gak perlu kuras air radiator segala.

kencangkan

Untuk pemasangan perhatikan tanda coakan pada kipas, lalu pas’kan coakan tersebut pada tanda panah di magnet ACG.

tanda timing

Lalu pasang kembali radiator kebalikan dengan proses bongkar.

Untuk detil cara pemasangan klik disini.

Hasilnya maknyussss….. Penuturan dari bro Ya Dee memang suara ngorok hilang 100% tidak hanya berkurang. (penggunaan BBM pertamax)

Soooo bagi yang mau mencoba… Silahkan massbrooo… Tak perlu ke klinik tong Fang yang penomenal itu.

Tinggal pesan kipas radiator PCX125 dengan kode part 19510-KWN-900 dengan harga Rp 18.000 saja…

*pict kipas orinya Vario 125, kipas PCX’nya udah di pasang.

kipas WTF vs PCX

Hayoww… siapa lagi yang mau jadi korban… xixixixixixixi

Semoga berguna… Special thanks buat bro Ya Dee Bandung…

Untuk racun-racun modif Vario 125 ane silahkan klik disini.

Advertisements

61 thoughts on “Pembuktian Vario 125 Ganti Kipas Radiator PCX”

    1. aku ngenteni prikitewww sing wis suwe nganti kipas.
      btw klo ganti kipas v 110 sm pcx ngaruh ke sistem pendinginan ga yaa….

      hmmmm penasaran.

      wtf-ku keluaran bulan 9, ngorok dikit pas dingin sama 0 – 50km aj.
      selepas itu aman….

      makanya galau nieee
      wkwkwkwkwk

  1. Dulu pernah mau ganti kipas kyak gitu ke AHASS tp mekaniknya bilang sangat tidak dianjurkan karena sebelum2nya banyak yg ganti kipas bener suara isa ilang tp lampu indikator suhu sering menyala dikerenakan kipas PCX yg lbih kecil dr kipas vario 125 sehingga pendinginan kurang maksimal dan kebanyakan dibalikin lg ke kipas asli vario “mending ada suara nggorok mas drpd overheat” itu c anjuran mekanik AHASS makanya gua g jd ganti tu kipas.

    1. enggine PCX itu identik dengan enggine Vario 125 mass.
      kalo overheat… kenapa PCX yang bobotnya lebih brat gak overheat. IMHO
      sebelumnya dah banyak yang pasang, n gak ada masalah.
      untuk lebih jelasnya silahkan liat bentuk kipasnya mas, dan analisa sendiri.
      karena meski kecil siripnya namun arah siripnya berlawanan dengan kipas Vario 125.

    2. Iy bener c mas, tp msh g otak-atik daleman dulu mau modif tampilan dulu aj.
      Oh ya bro, review dunk ban belakang FDR-nya..:-)

  2. sory mas bro..sedikit berkomentar. pengantian kipas sgt tidak dianjurkan. knp PCX bisa..kultur engine PCX dan Vario.125 berbeda mas bro. spt beat dan spacy. mirip tp sudut2 pemasangan gearboxnya beda. pcx aliran udara yg masuk ke engine lbh besar krn siluet design yg berperan.smtara design vario 125 tidak mendukung itu. shg kipasnya berigi2 besar. pernah dgr kabar Enginer AHM merubah klaher di crankcasenya, ditambahin tebal klahernya, dan ngorok pun hilang. yg jd pertanyaan setelah di test, performanya turun. akhirnya mereka sdg meriset perubahan signifikan di crank casenya. lgi sdg tahap uji coba. kemingkinan udh ada beberapa unit dgn produksi bln2 depan yg dipakai. naah utk yg lama gimana. ana gk berkepentingn…dgn hal itu.

  3. Inden’a lama maz bro ane mesen dr tgl 27 bulan agustus mpe skrng barang’a blum ada..
    Payah dilear’a pdhl dh mesen 2 tempat..
    Gilllaaaaa nggu inden’a kebangetan…

    1. Yups… saat test ride pertama kali dari AHM, memang pernah di lakukan uji seperti itu.
      Tapi pada kenyataannya ngorok ilang cm dgn ganti kipas.
      Ane juga bingung… he..he..he..

  4. Vario gw uda d ganti kipas radiatornya, berkurang sih suara ngoroknya, tp mesin cpt overheat. Saran dr mekanik AHASS ya d balikin kipas ori-nya sj, cz mending ad suara ngoroknya, drpd mesin sering overheat! Tinggal pilih saja,,,,

    1. Yang bener2 tau gimana bentuk kipas PCX gak akan bilang overheat.
      Yg cm menganalisa krn bentuk sirip lebih kecil ya pasti blg overheat.
      Liat dulu partnya bro sis..
      Baru di analisa….
      *ngeyel sithik. :mrgreen:

  5. putaran mesin vario 125 arahnya ke blakang lo…
    sedangkan pcx 125/vario 110 kedepan jd otomatis angin yg buat pendinginan kurang
    hati hati kalo overhead,

    1. Selama ini belum pernah kejadian overheat mas..

      Apalagi Vario yg sekarang malah pake yg model PCX dari pabrikan’nya.

      Hayow….

  6. Untuk yg tinggal di jabodetabek,,, klo mau bli kipas pcx ,,,, langsung aja dateng ke wahana ,gunung sahari jakarta,,,,,, barang banyak,,, ane baru beli kmaren ,,,,,, ,,,,

    @mazped,,,,, ane blm yakin vario iss pake kipas pcx ,,,,, coba cek lg,,,, pliiisssw ,,, makasih

  7. vario saya sudah ganti kipas pake punya pcx… tapi kok masih ada bunyi groook-nya ya… jadi si kipas lama ini hanya sebagai resonator aj… apa ini yang disebut crankas sudah longgar…padahal baru 3 bulan nih motor…

  8. Vario 125 keluaran terbaru udh pake kipas vario 125 iss, kipasnya masih beda loh dgn punya pcx 125, tp yg penting radiator coolant ane pake pertamiba coolant, mesin adem walau riding jarak jauh,,, ada yg bilang kipas radiator pcx 125 bikin lebih adem, tp ane males ganti, gk ngorok ini,, hahaha,,, toh gk spai overheat, mau sedingin apa sih emang,,,

  9. gimana kalo yang asli dibolongin aja kayak punya V110, kan secara fisika (halah) ngurangi gesekan udara dan bilah2 kitirannya (kipas), tapi konsekuensinya aliran udara jadi berkurang karena pengurangan badan bilah kipas -sori kalo idenya gendeng-

Komentar bagus selalu menginspirasi dan menyemangati kami