Lebih Detil Ganti Lampu Spido Vario 125 + Pasang Jam Digital

Update ganti lampu spido Vario 125 masbro.

Jika di artikel lalu mazped ganti warna biru, kali ini ganti warna putih, sekalian ganti voltmeternya dengan jam digital.

Setelah kegalauan kemarin, akhirnya jam digital lebih penting daripada voltmeter bagi mazped.

Yups langsung saja.

Untuk pelepasan spidometer dari unit gak usah di bahas ya.. Udah pada jago kan kalo suruh bongkar…???

Gak tau kalo masangnya.. heheheheheh…

Buka mika spido juga bagian bawahnya..

Lalu lepas jarum spidonya.

Triknya pake penggaris logam yang dilapisi lipatan kertas biar papan panel gak baret, tahan berlawanan dengan jempol.

Setelah jarum terlepas, lepas papan panel dengan membuka 2 baut kecil di sisi kiri kanan jarum.

Lepas 2 baut putih di papan PCB lalu lepas PCB dengan Cover spido.

PIN LCD bisa langsung di tarik.. pelan-pelan masbro.. goyang kiri kanan bergantian.

Maka akan terpisah seperti ini..

Ada beberapa LED pada PCB.

LED panel ( papan kecepatan ) ada 2 pcs di bagian atas yang dilingkari.

Sedang LED LCD ada 2 pcs di bagian bawah yang dilingkari.

Ganti warna sesuai selera.

Perhatikan Anoda dan Katoda LED, jika terbalik, LED gak akan nyala.

LED bisa comot dari LED jagung ( Pagoda ) atau bisa juga LED konvensional.

Bila menggunakan LED konvensional, harap mengamplas bagian atasnya agar pancaran sinar merata ( tidak fokus )

Kelar masang LED…

Sekalian pasang Jam digital masbro…

Karena jam akan di pasang di dalam spido, maka di ambil dalemannya saja, tanpa casing.

Ukur panjang dan lebar kotak & segmen, lalu buat lubang pada casing spido Vario 125.

Mazped memanfaatkan tempat logo HONDA untuk di ganti dengan jam digital mini ini.

Buat lubang hati2 dengan menggunakan cutter.

Hasilnya kira2 seperti ini masbro..

Timbul masalah masbro..

Ternyata rangkaian jam digital bersinggungan dengan cover spido, dan gak bisa dipaksa, terpaksa cover spido bagian bawah di potong agar jam digital bisa nangkring sempurna.

Lalu tinggal wiring’nya.

Ada 3 kabel yaitu hijau (ground) , merah ( ke aki ) , hitam ( ke kontak )

Biar kabel gak pating sliwer. Untuk kabel hijau – ground ( pada gambar mazped ganti kabel biru ) dan hitam – positif kontak  bisa langsung di solder di bagian dalam PCB spido.

Posisinya lihat gambar.

Lalu kabel merah langsung di tarik keluar untuk di hubungkan ke aki.

Untuk tombol seting jam, opsional, bisa di pasang, bisa juga tidak. Toh hanya di pake sekali pada seting jam saja.

Mazped sengaja tidak memasangnya. Seting jam cukup sekali pas pemasangan dengan soket spido.

Hasilnya kira-kira seperti ini masbro….

Semoga kepingin…

Advertisements

152 thoughts on “Lebih Detil Ganti Lampu Spido Vario 125 + Pasang Jam Digital”

    1. hihihi..emg bro klo emg lom hobi utak-atik ya takut”..
      tapi klo udah rasain mah ada rasa asik tersendiri bro..hehehe
      yg pertama seh lepas cover nya agak susah..
      terus cabut jarum spido nya tuh..
      trus solder nya dah..

  1. huasyemmm ancen biang racun wong iki. Voltmeter hibahno nang aku ae mas dab..

    *le iso pasangno sisan 😀
    .
    .
    .
    .
    .
    .
    .
    .
    .
    .
    .
    .
    Ngarep

  2. maz pedro, kl u dasbord allnew cibie, ad ide g mo dipasangin apaan?? biar g mbosenin.., tiap make cuman liat rpm, lmpu backlight orange, kykny biasa bnget. bosen ndelok e..,

  3. masbro, ane udah masang persis kaya punya masbro
    alat jamnya warna jamnya sama, cuma punya ane kok pcb jam sama lcdnya mentok ya ?
    jadi kalo dibaut speedonya, angka di lcd jadi ada yg ga nyala
    bisa minta pencerahannya ga masbro?
    terima kasih

  4. punya mazped juga awalnya metok mas… makanya bagian bawah cover spido ada yang di papas, biar bagaian bawah PCB jam gak mentok.
    Cek gambar di atas, ada bagian yang mazped potong kan.
    Jadi posisi segmen ama cover spido rata, hasilnya terlihat lebih rapi.
    semoga membantu.

  5. Bro, mau tanya, tau gak dimana letak nya sensor kecepatan di vario 125 ??
    Soalnya mau nyetop km / odometer yg terus berjalan kalau kita jalan 😀
    Jadi km / idometer nya msh tetep segitu2 aja 😀

  6. Mazped, sya kan mau gnti lampu dasar speedo vega zr saya pake lampu LED, tp saya nggak tau lampu spido nya ada brapa dan saya juga nggak tau harus pkai lampu LED apa yg cocok utk spido vega zr sya.. Tlong bantuanya mazped..

  7. Mazped, lampu dasar speedo vega zr 2011 (karburator) itu ada brapa yah ?? Trus kalo mw gnti lampu speedo vega zr itu hrus pke lampu led yg gimana ?? Mohon bantuanya mazped..

  8. ane coba ke toko variasi paling mitakhir d kota ane, tapi gada yng tau malah bilang baru prtama kali denger–” minta pencerahannya mas broo

  9. heheh mas ped ini joos lah ,, itu speedomer vario 125 buatan saya di PT ASTRA VISTEON INDONESIA , Padahal buat nya Punyeng loh mas eh sampean bisa kreatp yah

    pokoke JOS ….

  10. Bagus bener Mas Bro, ane coba spedomoter motor ane supra 125 model lama, led bawaan warna kuning diganti putih lebih cerah. Awalnya sempat ketir2 takut spedo rusak karna diobrak-abrik. Tapi akhirnya sukses juga. Tapi belum sempat pasang jam karna kesandung dana. Jam digital untuk motor bisa dibeli di mana untuk wil Surabaya yang murah???…Mohon infonya Mas Bro kalo tahu?…Tanks….
    .

  11. mas bro . ni ane ganti lampu pke led cabe . pas hari pertama nyala tapi hari ketiga led n spedometer nya mati . gmn mas bro pencerahannya .

  12. mazped tangerangnya di mana? kalo buatin jam digital + Ganti Lampu Spido Vario 125 di tempat mazped bisa gak? kira kira semuanya berapa ya?

  13. Greetings from Colorado! I’m bored to tears at work
    so I decided to check out your website on my iphone during lunch break.

    I love the information you provide here and can’t wait to take a look when I get home.
    I’m surprised at how quick your blog loaded on my mobile ..

    I’m not even using WIFI, just 3G .. Anyways, wonderful blog!

  14. Alhamdulillah… 1 minggu ini kepikiran buat punya jam digital dibawah speedo meter vario dengan mengganti logo honda.. eh ternyata ada caranya, bisa bantu pasang gak mas ? seluruh biaya yg dikeluarkan buat modal dan jasa berapa ya ? saya tinggal di kreo tangerang. tks idenya

  15. gan mau tanya
    itu led apakah type SMD 3528? jika benar
    untuk menentukan polaritas led tsb kan ada 4pin (2sisi),apakah sisi yg 1 (+) dan sisi yg 1 lagi (-) atau bagaimana gan…
    mohon maaf masih awam untuk led tsb

    thanks…

  16. broo ane kepingin pasang led lampu belakang, pasang jam di spido dan sama pasang roller 14 gram.??kira abis berapa sekalian psang sama ahlinyaa biar rapih..heheh

    repon bray

    oh yaa motor ane vario 125

Komentar bagus selalu menginspirasi dan menyemangati kami