Ganti Kipas PCX di Vario 125

Racun Basi bosss…..

Udah banyak yang membuktikan kalo ganti kipas radiator pake punya PCX, ngorok bisa ilang.

Memang benar bosss…. Meski sumber suara sebenernya bukan dari kipas, namun dengan penggantian kipas PCX ini bisa meminimalisir resonansi suara ngorok yang di timbulkan dari as crankcase.

Bisa sih ngilangin ngorok dari sumbernya langsung, dengan sedikit menggeser as crankcase ke kanan, tapi bagi yang awam, sebaiknya jangan coba-coba deh. Bila gagal, resiko nya fatal. Serahkan ke ahlinya untuk penangannan ini.

Cara paling simpel ya ganti kipas radiator PCX, bisa pake punya Vario 110, bentuk sama kok, bedanya, kalo kipas PCX ada lubangnya.

kipas vario 110 di bor

 

Jadi kalo kipas Vario 110 mau di bikin mirip ama kipas radiator PCX ya tinggal di lubangi aja pake bor. Beres…

Harga kipas PCX ini murah ya… cuman 18.000 rupiah saja, tapi inden’nya… ampun dah….

Yok… pasang sendiri kipas PCX di Vario 125….

Ngorok jangan di caci bosss…. Cari Solusi….. oke…..!!!!!

Biar pengerjaan gampang, lepas dulu baut shockbreaker belakang, ini akan memberikan ruang lega pada bagian radiator untuk di obrak-abrik.

lepas baut shock belakang

Lalu buka cover penutup radiator..

lepas cover radiator

 

Lalu buka baut radiator, cairan coolant tak perlu di tap, geser aja radiatornya boss… kipas bisa di lepas kok.

kipas wtf

Lepas kipas aslinya pake kunci shok 10, lalu ganti dengan kipas PCX.

kipas WTF vs PCX

Perhatikan posisi pemasangannya, letakkan coakan kipas pada tanda panah ( tanda TOP pengapian )

tanda timing

 

Pasang ke3 bautnya, kencangkan dengan kunci shok 10.

kencangkan

Pasang lagi radiator dan covernya… pasang baut shockbreaker…  lalu buka telinga lebar2….. Ngorok’e ilang bosss……

* ups sory… motore rung diuripne… :mrgreen:

Ini contoh yang pake kipas Vario 110 bosss…. Buat yang susah inden kipas PCX, hasilnya sama aja kok.

pake kipas vario 110

 

Semoga kepingin.. :mrgreen:

Advertisements

44 thoughts on “Ganti Kipas PCX di Vario 125”

    1. Mas, kalau misal pake kipas radiator pnya V110 tp ga di lubangin, bikin ngaruh waktu pemakaian ga mas?
      Terima kasih.

  1. Bro, ane blm lama pake Beat Fi, KM baru sekitar 1060KM, skrg baru ngeh kalo lg jalan pelan skitar 15Kpj, ko ada bunyi kyak getar ngelitik. Trrr. . . Gitu, kirain plat nomor kendor, tp bukan. Kira2 apanya ya? Apa emang umum begitu?

  2. maz, ane mo tanya gimana cara pasang klakson stereo aftermarket yang aman di wtf?
    ane sih pengen pasang denso disc..
    kan udah pake ecm tuh, aman gak ya sama ecm nya kalo ambil arus dari aki di tambah relay kayak motor lawas? (saklar>relay>aki>klakson)
    soal’e klakson bawaan suara’e imut banget kayak anak kucing..hehe :p
    suwun b4 maz..

  3. Klo nggak nyaman dengan suara ngoroknya, caranya gampang, jangan dibeli motornya 🙂

    Lah, ini AHM udah jelas dikomplain sana-sini kok nggak bergeming, mbok bikin desain baru kek…

  4. pabrikan di indonesia tuh diuntungkan bgt ya ama konsumen,rata2 yg menemukan keluhan konsumen,trs konsumen sendiri yg cari solusi,kreatif dikit solve!! part ga gratis lagi!! knp ya klo di indo ko ga ada recall produk?ga Y,H,K,S sama aja.masih mending Y meski g terbuka tp berani recall MX yg oli nya ky susu,shock breakernya,gen vixi fuel pump, Kawak ganti fairing,S kssus diheadlamp inazuma bahkan dr principal jepang lgsg,H br sebatas klotok2 CB yg direspon

    1. Kalo di Jogja ganti kipas PCX di layani gratis mas.
      Kenapa ga di recal.???
      Karena memang asli’nya memang Vario itu ngorok.
      Jd bukan suatu cacat produksi, toh ngorok pun gak berpengaruh ke performa. IMHO

    2. di Semarang juga gratis bro….Vario 125-ku uda diganti juga…yg jelas nginep sehari gara2 ujan…abis itu senyap kok…ngorok ilang….oh iye kalo ganti kipas Vario 110 jg bisa tapi pas kena macet total ya rawan overheat 🙂

  5. Ngorok jangan di caci bosss… Cari solusi… Oke…
    Harusnya ipan ke senggol dengan kata di atas! Secara,,, ipan selalu mbuat artikel tentan kekurangan suatu produk, tanpa ngasih solusi!

  6. halah kemaren gnti kipas di ahass mekaniknya bloon, pke gnti air radiator sgala, mw protes, tp ane gx mw ribet y udh iyain ajh

  7. Saya punya vario blm 2 minggu, karna bunyi ngorok saya niat ganti kipas PCX atau Vario 110 setelah dibongkar ternyata kipasnya udh sm seperti punya PCX alhasil sia” ane beli tuch kipas radiator. Terus ane coba ganti posisi rollernya dgn aturan marking kuningnya berhadapan. Hasilnya sama Ω̶̣̣̥̇̊j̲̅ɑ̤̥̈̊ ngorok…pusing ane. Motor blm klr plat nomer udh jajannya banyak.

    1. Mana ada motor Vario 125 keluar dealer udah pake kipas PCX mas….

      Mas beli seken…???

      Vario 125 ISS juga kipas’nya sama ama Vario 125 lama.

    2. wah …wah…bener mas mana ada vario 125 baru keluar kipasnya udah py pcx….btw py saya wis tak ganti kipas py pcx.. ngoroknya berkurang 90%. tp yo getarnya itu pas tarikan awal…

  8. gan mau tanya kenpa di radiator saya suaranya bukan suara ngorok lgi tapi suara jangkrik.. suara jangkrik itu ktika jlan pelan2.. mohon solusinya… makasih

  9. maz bro, saat sibuk bongkar pasang kipas radiator, itu radiatornya dipegangi siapa biar gak nggantung, apa ada penahan nya atau minta bantuan teman buat megangi…xiixixixi

Komentar bagus selalu menginspirasi dan menyemangati kami