Capasitor Bank… Buat Apa Sih..???

Haduwh…. Toblas bro….

Banyak artikel yang pending gara-gara kesibukan ane ngurusi orderan, giliran ada waktu… gantian jaringan internet yang payah..

Yo wis ahh… dikit-dikit ane coba update meski upload 1 foto nunggunya sampe ngabisin rokok 1 batang.. weleh.. weleh…. dyar tenan..

Sesuai janji ane kemarin… Mau bahas masalah Kapasitor Bank..

Apa sih kapasitor bank itu..???

url

Kapasitor bank sekarang banyak di jumpai di motor2 injeksi HONDA entry level juga mid level ( di high level justru malah gak ada ) .

Fungsinya sebagai penyimpan energi listrik sementara… Boleh di bilang kapasitor bank merupakan aki cadangan dengan daya simpan arus yang kecil.

Kenapa perlu ada kapasitor bank…???

Nah… part ini amat sangat membantu di kala aki tekor atau soak, piranti injeksi ( ECM dan fuel pump ) butuh tegangan untuk mempersiapkan diri ( booting ) sebelum motor di starter.

Cek dah.. pada motor injeksi pasti ada bunyi “ngiiiiiiing..” pada fuel pump ( tangki bahan bakar ) ketika kontak di nyalakan.

Itu pertanda fuel pump sedang menyiapkan tekanan bahan bakar ke injektor agar nantinya di semburkan ke ruang bakar.

Nah… untuk persiapan part tersebut pasti membutuhkan arus dari aki…. Lalu bagaimana jika aki bermasalah..??? Tekor atau soak.

Apalagi fitur AHO sering membuat motor2 jaman sekarang tekor karna pengisian ke aki lebih sedikit ketimbang pengeluaran.

Pabrikan AHM telah mengakalinya dengan kapasitor bank… Namun belum semua part ini di cangkok’kan ke motor injeksi Honda atau merk lainnya.

Baru CB150R dan Verza saja yang ane tau… Untuk ukuran ( Farad ) kapasitor bank ori pabrikan belum di ketahui nilainya, karena pas sesi tanya jawab dengan Pak Sawono Edhi ( AHM ) beliau pun tidak memberitahukan berapa nilai’nya.

Tapi nanti kalo nemu part’nya di loakan… ane coba ukur… meski gak ada alat ukur buat membaca nilai kapasitor, namun ane punya trik sederhana ngukur nilai Farad kapasitor.. hueheheheheheheheheh…

pertamax7-wordpress-com-119-small

Bagaimana motor injeksi lain yang belum pake Kapasitor bank…

Nih sedikit trik… Sebenernya ini trik lawas… dah pada pake ginian sejak motor karbu berkuasa. Juragan Pertamax7 juga udah pasang sejak jaman kompeni :mrgreen:

Kalo di motor karbu fungsinya sebagai stabilizer tegangan aki… Di motor injeksi pun sama… Selain buat stabilizer tegangan aki, juga berfungsi sebagai pemasok arus darurat.

Part yang di butuhkan hanyalah sebuah atau beberapa buah Kapasitor yang biasa di sebut ELCO ( Electrolit Condensator )

Ukuran yang di pake rata-rata 10.000uF, untuk tegangan yang penting di atas 16 Volt. Untuk harga sih bervariasi.. Untuk yang 10.000uF/50 Volt antara Rp 15.000 – Rp 20.000 saja.

Sedang yang 15.000uF kemarin ane beli Rp40.000… Tapi di jamin mantep….

Cara pasangnya cukup di hubungkan paralel dengan aki… Gitu doank… Simpel kan.

kapasitor

Untuk kedepannya… Ane mau mencoba ber-experimen ke motor yang lebih canggih, katakanlah Vario 125.

Di mana suply arus pada Vario ini di bagi-bagi menjadi beberapa bagian, cek dah bagian FUSEBOX ( rumah sekring ), di situ ada beberapa FUSE yang bertugas mengamankan part2 kelistrikan sesuai kategorinya, misal buat sistem injeksi, buat lampu-lampu, buat spido, sekring utama dan lain-lain…  jadi perlu trik khusus agar kapasitor bank ini berfungsi maximal pada wiring yang benar2 membutuhkan suply arus darurat.

Untuk motor jenis lain seperti Mio J, Soul GT, Beat Fi, Scoopy Fi cara pasangnya cukup di pasang paralel dengan aki…

Perlu di ingat bahwa Kapasitor ini mempunyai kutub negatif dan positif.

kapasitor - tanda negatif

Kutup negatif di tandai dengan garis atau tanda (-) pada sisi badannya.. Dan pemasangan tidak boleh terbalik.

Kutup Positif (+) kapasitor di hubungkan ke Kutub positif Aki, Kutub negatif (-) kapasitor di hubungkan ke Kutub Negatif Aki…

Kalo terbalik gimana…?????? Meledak masbroooo….. Gak percaya…??? Coba aja… :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen:

* ane belum sempet masang bro… belum ada waktu buat bongkar.

Sebenernya simpel sih… tapi karna Vario ane ada jamnya, jadi kalo nglepas kutub aki kudu seting ulang jam… nah itu yang bikin ribet karna seting jam ane harus buka setang, spido dll.

Tunggu artikel selanjutnyah….

Semoga kepingin.

Advertisements

50 thoughts on “Capasitor Bank… Buat Apa Sih..???”

    1. Woah….
      ╮(“╯_╰)╭ kelakuan

      Aku dulu sering tp gak sengaja pas bikin power suply OCL.
      Kalo kebalik… ada asap plus suara berdesis… trus…

      DHUAR…….

      Tombok dah.. :mrgreen:

  1. Kapasitor kan tetap makan listriknya aki. Misal aki nggak dipakai beberapa hari, apa malah nggak bikin aki lebih cepat habis? Terutama yg punya motor lebih dari satu, biasanya nggak bisa tiap hari motor keluar utk jalan2.

    1. Kapasitor gak makan setrum bro…
      Dia punya sifat menyimpan arus ketika ada listrik.
      Dan mengeluarkan listrik saat ga ada aliran listrik.

      Nah lho…..

  2. Pada beberapa tipe spt cb & verza ang terpisah masbro.
    Tp di tipe lain macam supri 125, sepaci, bit fi kapasitor jadi satu dengan regulator rectifier…. Perhatikan fisiknya, ada jendolanya(ada yang 2 ada yang 1 jendolan). Kalo kapasitas mungkin juga menyesuaikan dengan kapasitas motor (cc)

    Jadi kayaknya itu memang sdh standar di motor honda injeksi.

  3. Klo Supra X 125 Helm In udah ada blom sih mas… trus tuh masih halfwave apa udah fullwave… trus sebenernya kelebihan fullwave tuh apa sih… trus klo motor ku masih halfwave, buat jadiin fullwave gmana caranya, bisakah DIY fullwave…. secara ku bukan ahli elektronik…. maaf banyak nanya…..

  4. Vario 125 PGM-FI gk pake aki pun masih bisa nyala mesinnya, tentunya hidupin pake kick starter, kondisi motor standar ting-ting gk pake capasitor bank,,, awalnya ane iseng coba hidupun mesin tanpa aki karena aki motor ane mati total, fuel pump gk nyala, apalagi spedometer, dll,,, mantap nih,,, alhasil kick starter ane pasang lagi karena terbukti berguna walau aki tekor/soak sekali pun, bahkan tanpa aki pun kick starter bisa menghidupkan mesin.

  5. ASK:

    Pd Vario 125i sudah dibekali Cab Bank dr pabrikan,, seandaia’x klo qt mo pasang Elco lg di Accu dampak plus minus’x ap om Mazped ???

    Thank You

  6. Mas bro ane mau tanya aki ane tekor truss dan udah ane coba ganti aki baru msh tekor juga . tp klau panas mati mendadak ga ada tenaganya dan kalau dah dingin lg baru bs nyala lg . ane coba ganti kiprok bekas tp msh tekor juga . jd apa ane perlu ganti aki yg baru

  7. ijin simak, maaf saya mempunyai vario 110 lama (belum injeksi)

    spesifikasi sekarang :

    tanpa tambahan apapun hanya lampu hazart dan lampu kedip2 touring.
    kelemahan yang terjadi :

    saat rpm rendah dan pegang rem maka klakson bunyinya kecil.
    terkadang lampu kedip touring jika rpm rendah jalannya hanya separuh (kadang mati walaupun relay berbunyi)
    kadang lampu hazart mati apabila di lampu merah dengan menekan rem.
    keinginan :

    memasang charger USB dari rangkaian buatan sendiri (tambahan)
    memasang audio 20watt rangkaian sendiri dengan speaker 4″ bekas speaker samping politron caset.
    menambahkan lampu led kolom (rencana buat sendiri)
    pertanyaan :

    skema/power bank diatas apakah bisa digunakan ?
    apakah ada yang lainnya untuk kebutuhan diatas ? (part atau komponen lainnya)
    jika dipasang 2 aki (bagaimanakan cara pasang 2 aki yang baik dan tidak merusak aki asli/bawaan motor) ?
    terima kasih dan salam kenal

    nurany

    ynnrny@gmail.com

  8. Om mau nanya kl kabel positifnya ikut ke saklar kontak gmn?jd ketika kunci on mk baru ikut on juga biar gak nyedot aki ketika posisi off

  9. Mas motor cb150r saya bermasalah dalam pengisian aki.. klo mtor di bawa kecepatan tinggi aki ngisi tapi kalo di bawa kecepatan rendah aki tekor.. tolong bantu

Komentar bagus selalu menginspirasi dan menyemangati kami