DIY Pasang Saklar Scorpio di Versa

Verza

Yups…. Racun Saklar Scorpio dan Vixi telah mewabah bro…

Sayang untuk part ori saklar Scorpio ini stok udah menipis….

Akhirnya stok saklar KW pun di kerahkan daripada mika leleh atau aki tekor.. demikian kata si empunya Versa.

Sebenernya trik pasang saklar Scorpio di Versa ini sama plek ama cara pasang di CB150R.

Namun bagi yang gak yakin… Okelah…. ane coba berikan sedikit gambaran… Semoga membantu..

Verza on mazped kitchen bike

Pertama bongkar dulu batok headlamp dengan melepas 4 baut.

Lalu lepas juga 2 baut atas pada cover belakang headlamp…

Lepas saklar kiri orinya… Lalu ganti dengan saklar Scorpio yang udah di oprek…

—————————-

TRIK BIKIN LUBANG PADA SETANG

Nih… ane sedikit mau berbagi cara gampang bikin lubang pada setang buat dudukan stoper agar saklar gak goyang.

Balut dengan isolasi pada bidang setang yang akan menjadi dudukan stoper.

bikin mark lubang stoper

Lalu pasang saklarnya… tanpa di baut.

Sesuaikan posisinya bro…. Bidang saklar agak di miringkan ke atas dikit agar semua saklar sein, klakson lampu dan hi-low mudah di jangkau jempol.

Lalu tekan bagian atas, sedikit di goyang…

Maka bagian stoper tadi akan membekas pada isolasi.

pasang saklar dan di tekan

Lepas dahulu saklarnya.. lalu pada bagian yang membekas tadi di ketok pake paku baja dengan palu..

ketok pake paku bagian yang membekas

Lepas isolasinya…. Kelihatan kan bekas titiknya..

bekas titik

Tinggal di bor dengan mata bor 5mm… Serrrrrrrrrrrr………………

di bor 5 mm

MEMASANG KABEL TAMBAHAN LAMPU SENJA

Seperti halnya CB… pada saklar Scorpio oprekan ane selalu ane sertakan tambahan kabel buat lampu senja..

Jika kabel ini tidak di pasang ya gak papa… hanya saja lampu senja gak akan ikut saklar… ON terusssssssss…

Lepas soket lampu senja….

Pada soket lampu senja yang nempel di headlamp ( 3 pin – 2 kabel )

Pindahkan kabel warna coklat strip kuning ke slot tengah..

soket lampu senja

Setelah di pindah seperti ini bro…

kabel coklat di pindah ke tengah

Lalu pasang kabel tambahan ( kabel hitam ) pada soket lawan lampu senja  ( soket kabel body di bawah spido )

pasang kabel tambahan 1

Tancapkan ujung satunya kabel tambahan tadi pada lawan soket saklar kiri.

pasang kabel tambahan 2

Tinggal pasang soket saklar Scorpionya…

Baut juga saklar scorpionya… pasang soket kolping lalu di jajal….

Versa with saklar Pio

Semoga kepingin… :mrgreen:

Advertisements

39 thoughts on “DIY Pasang Saklar Scorpio di Versa”

  1. Mas aku kepingin pasang speedo digital yang ada tachometer ke verza ygagak enak dipasang punyae apa ya?satria fu gmn?

  2. masped aku nunggu up up nya verza ganti spido meter punya nmp,,,yg kemarin aku dah bisa pasang saklarnya di verza,,sebelum artikel ini di ulas,,,,oleh ilmu seko mazped,,manteb tenan,,,salut mazped

  3. mas arep takon, lha opo ora ngganggu kerja sistem injeksine nek diganti saklare jadi nonAHO? jarena injeksi rentan kelistrikane…piye?

    1. oiya tho, lha kuwi nang forum-forum podo ribut jarene ojo asal ngganti, pengaruh karo ecu apa ecm opo lah ra pati faham mas…
      nek verza iso dipasangi spido NMP tho mas, piro? lha sensor lampu injeksine kan ra ono mas nang spido NMP, piye jal? tapi kepengin sih 😀

  4. gan.. klau q pesan handel pnyanya scorpio atau tiger revo di setingkan langsung dri situ trus q tinggal psang buat verza cranya gmn?
    penak pkai scorpio apa yg tiger revo

  5. Maz AHASS mosok e gak gelem ganti saklar vixi(non AHO) nek CB150r to, jarene ngilangi klaim, pye kui maz sak tenane ngono?
    Malah lak iso ndang kon nglelehne hedlamp e, arep diijoli anyar kro AHM.

Komentar bagus selalu menginspirasi dan menyemangati kami