Spido NVL Bisa Di Aplikasikan ke Supra X 125

Yup… Spido NVL telah membuat sebuah tragedi…

kenapa ane sebut tragedi….

Sebelumnya mohon maaf buat pembaca blog racun ini… akibat artikel wiring diagram spido NVL (artikel disini) banyak yang keracunan dan rela menebus spido NVL dan memasangkan ke motor selain NVL.

Banyak yang menayakan… bagaimana menghidupkan sensor speed’nya..???

Terhitung sekitar ada 5 brother yang konsultasi ke ane perihal pemasangan spido NVL ini.

Salah satunya bro Erween Black ini….

Doi dah nebus spido NVL dan memasangkan ke batok Xeon kemudian di pasangkan ke motor Jupie MX.

NVL to Xeon

Menurut penuturan bro Erween…. bermodal wiring diagram dari artikel wiring spido NVL… semua indikator berfungsi normal.. hanya angka penunjuk kecepatannya saja yang belum bisa berfungsi, doi bingung mau pake sensor speed apa.. sedang untuk Jupie MX sepertinya gak ada gearbox digital yg bisa langsung PNP.

Meskipun ada belum tentu akurat.

sensor speed

Kenapa..??? sensor speed NVL ini ambil sinyalnya dari putaran engine, pernah ane ukur dan ternyata perbandingannya dengan spido lain terlalu jauh.

Ketika ane coba komparasikan dengan spido NMP dan spido FU… pada putaran roda yang sama.. di NMP menunjuk angka 40 km/jam, sementara di FU menunjuk 25 km/jam, dan di NVL 5 km/jam.

Otomatis NVL butuh sinyal lebih banyak untuk membuat segmen kecepatan pada LCD ini bekerja.

Perlu di ketahui bahwa dalam sebuah gearbox sensor speed, berisi sebuah kumparan sebagai pembaca sinyal, dan sebuah silinder yang di kelilingi magnet dengan jumlah tertentu, dalam hal ini jumlah magnet dalam silinder belum tentu sama pada setiap motor, meskipun 1 merk.

Katakanlan NMP dan CS1, meski sama2 dari HONDA, jumlah magnet dalam silinder berbeda…

NMP memiliki 16 magnet yg di tata kutup U dan S saling bersilangan sedang CS1 memiliki 6 magnet yang di tata kutub U dan S saling bersilangan pula.

Lihat pict. Magnet kecil yang menempel hanya untuk menunjukkan jumlah kutub magnet pada silinder.

silinder magnet

Jika jumlah magnet pada sensor speed NMP berjumlah 16 buah, CS1 6 buah dan jika ingin membuat sensor sendiri untuk FU maka di butuhkan magnet 24 buah.

Silahkan di hitung sendiri berapa magnet yang di butuhkan untuk membuat sensor speed roda buat NVL…

Setelah ane hitung dengan perbandingan di atas… butuh 128 buah magnet bro…..

Lalu ada yang bisa menyusun magnet kecil2 sebanyak 128 buah ke dalam sebuah silinder berukuran 2 inchi….???? Imposible…

Ane bikin sensor buat FU yang berjumlah 24 saja udah ribet bro… apalagi 128 magnet… MODYAR TENAN….

Cara bikin sensor speed roda buat spido digital ane bahas nanti yak….

Yang jelas siapin dulu bahannya.. yaitu KNI ( sambungan paralon ) yang seukuran silinder, lalu beberapa buah magnet kunci SKS.

Beli di tukang kunci banyak bro….. Harganya tinggal pinter2an ente nawar aja.. bisa 500 – 1000 rupiah per-bijinya.

——————-

Kembali ke topik….

Lalu apakah spido NVL ini hanya bisa buat NVL saja….

Eit jangan putus asa dulu…

Melihat sumber sensornya yang dari engine… maka kita cari motor apa sih yang sensor speednya dari engine juga..????

Yup…. salah satunya Supra X 125…

Iseng ane melakukan experimen terhadap kedua spido ini ( NVL dan Supra X 125 )

Bagaimana selisih speednya jika di beri sinyal yang sama… ane pake AFG sederhana buat experimen ini.

NVL vs HSX

Ketika di coba…. ane meng set AFG pada frekwensi dimana di spido Supra menunjuk angka 60km/jam….

HSX60kpj

Tanpa merubah setingan frekwensi… sinyal AFG ane masukkan ke kabel sensor speed NVL….

Hasilnya…

NVL 66kpj

Pada spido NVL menunjuk angka 66 km/jam… yup selisih 10% saja… ๐Ÿ˜€

Jadi buat para Riders Supra X 125… masbro bisa aplikasikan spido NVL ini ke HSX dengan konsekwensi bahwa ketika pada spido HSX berada pada kecepatan 60 km/jam maka kalo pake spido NVL nunjuk 66 km/jam…

Edyan tenan.. cuman ganti spido aja bisa tambah kwencang 10%… :mrgreen:

Konsekwensi lain.. gear indikator hanya akan ada Neutral saja, namun masbro bisa memanfaatkan indikator MIL dan Overheat untuk indikator gear yang lain.

Selain itu indikator sein kiri kanan jadi satu.. gak misah kaya HSX.

Namun masbro akan di untungkan dengan adanya Tachometer ( RPM ) dan juga TRIPMETER A dan B untuk mengukur jarak tempuh perjalanan, karna bisa di reset ke 0 km.

Untuk kabel RPM silahkan sambung saja ke pulser yaitu kabel warna biru garis kuning pada soket di atas bak mesin sebelah kiri.

Harga spido NVL baru 600.000 udah ama soket, 650.000 aja kalo mau di bikin PNP ke Supra X 125..

Ada yang kepingin….???????

SOBEK TENAN DOMPETE MASBRO….. :mrgreen:

Advertisements

77 thoughts on “Spido NVL Bisa Di Aplikasikan ke Supra X 125”

    1. ( ห˜ห›ห˜อก )-ฯƒ wuo’on…

      โ”ปโ”โ”ปิ…(โ•ฐ ะดโ•ฏ)-ฯƒ. Ben waras…

      (ใƒŽ-_-)ใƒŽ~โ”ปโ”โ”ปโ˜†(x__X ) dueng..

  1. mas, di jalur speedo supra125 n karisma kan ada kabel merah (jalur dari aki) itu dipake ga kalo mau pasang speedo NVL? kalau dipake itu ke jalur mana? (mengingat ada 2 slot kosong di wiring yang di tulis mas’e)

    jalur dr speed sensor kan ada warna pink n putih strip hijau, itu yang sensor speedo (-) mana, sensor speedo (+) mana n sensor speedo (pulse) nya yang mana mas?

    terus kalau pakai pelampung supra 125/karisma indikator jika bensin habis cuma mentok di posisi 2 strip ya mas ga bisa 1 strip (berkedip).

    saya sudah mengplikasikan speedo nvl ke karisma, yang belum bekerja tinggal indikator kecepatannya, trs saat kondisi tangki kosong indikator bensinnya masih 2 strip.

    Mohon pencerahannya. Thanks, moga ga capek nulis artikel yang bermanfaat bagi kami yang suka ngoprek2 mas. ๐Ÿ™‚

    1. mas chris…saya mau coba pasang di Supra X injection nih..utk speed sensor yang akan dikoneksikan ke Spido NVL dah ketemu belum..+, – dan Pulse sensor speed ke kabel warna apa..thanks

  2. to Mas Christianshiro : maksudnya kabel negatif ini ke massa atau ke negatif aki..? kalau tidak salah kabel sensor speed hanya ada dua ya..yang pulser warna apa, trus yg postitif dan negatif warna apa ya mas..thanks before

    1. Kaya’e sama aja deh. Pokoknya kabel negatif di nsx, hsx, karisma warnaya hijau polos, klo positif wrna hitam atau merah. Ga tau di mtor honda yg lain.
      Pulse wrna pink, bisa dilihat di sensor speedonya yg di atas gear depan ada 3 kabel, yg hijau negatif, pink pulse berrti yg 1 nya klo ga salah putih strip hijau atau biru ak lupa itu postifnya.
      Klo yg ke speedo mmang cuma 2 yaitu pulse n positif, tinggal nambahin negatifnya.
      Begitukan mas mazped?

  3. Siang mas bro, ane kan sudah aplikasikan spido NVL ini di byson ane, ane mengikuti wiring diagram yang mas bro posting sebelumnya hanya ada beberapa indikator yang masih tidak berfungsi diantaranyaindikator bensin dan sensor speed seperti yang di bahas di artikel ini,adakah petunjuk yang bisa mas bro berikan untuk mengakali pembacaan speed untuk motor byson/ apa saja yang harus ane modif, mohon bantuannya bro

  4. Mazspeed,,masih belum ketemu nih cara aktifin sensor speednya..3 kabel dari spido NVL : pulse, negatif, dan positif..tegangan di positif yg dari speedo sekitar 5 Volt..kalau disambung sesuai dgn anjuran ga bisa nyala…kalau dari sensor kecepatan HSX ada 3 kabel. Putih strip hijau, hijau dan pink.. kalau di test pakai avo meter, keluaran arus dari pulse negatif ( saat Putih strip hijau saya sambungkan ke + aki dan hijau ke negatif, kabel pink saya tempelkan negatif multimeter dan positif avo ke aki..saat roda diputar, jarum bergerak naik..mohon info jalur pemasangan kabel sensornya om..karena sudah saya coba bolak-balik masih belum berhasil..terima kasih..

    1. seperti yang ditulis oleh om Christian Shiro Mas Agus…pasti bisa nyala..yang tidak akurat hanya meter bensin

  5. Aku punya spido supra x 125 + sensor magnetnya, rencananya aq pengen pasang d’motorqu shogun 110.
    bisa nggak…., klo bisa gimana caranya…???? kasih tau aq dong….

  6. Masbro… klo buat Supra Fit New thn 2006 bisa gk pke spido nvl…? minta artikel dan tutorial untuk speedo variasi supra fit new 2006…

  7. mas mazped, ini saya udah beli spido nvl dan soket supra x 125,trs sensor speedonya saya beli punyake mp mono. rencananya mau di pasang di mp primus 2008, tolong di bantu mas mazped cara pemasangannya.

    1. ini sudah saya coba pasang sendiri mas, plus minusnya udah saya sambung tpi kok cuma nyala sbntar mas lampu spidonya? rpm nya bisa di ikutin dari koel atau cdi gk mas?

  8. Maav masbro.. ane mau tanya..

    Ane mau masang speedo satria f d NMP ane.. cos ane gntibheadlamp fullset satria f new.. mslh sama yg ane hadepin mas bro cos saef magnet sensor ada d engin.. sdgkn nmp ada di roda dpn.. trus gmn cara ngerubhnya n klovada yg bisa masuk pke pnya apa sensornya y..

    Thx atas infonya n mohon bantuannya masbro

  9. Mas mazped
    Ane udah cobak pasang spido nvl di mp primus,tapi lampu background nya kok gk bisa nyala terus mas? Udah saya cobak sambungkan kabel rpm ke koel tetep juga gk bisa nyala rpm sama lampu background nya mas..
    Minta pencerahannya mas mazped, trims

    1. Om Agung, kabel dari rpm bukan disambung ke koil, tapi ke kabel pulser dari magnet..Lampu Background akan nyala kalau RPM berfungsi…kalau hanya nyala sebentar saat di kontak, artinya itu test lamp Indicator…Saya coba pasang di supra injeksi bisa aktif dan normal..hanya kabel rpm tidak bisa diambil ke pulser langsung..harus ditambahin alat seperti rangkaian converter yg saya buat sendiri..baru berfungsi..demikian

    2. mas kalau boleh saya minta nomer yg bisa di hubungi, saya tlp aja mas biar lebih enak kalau mau tanya2. ini nomer saya mas 083854727580. agung

  10. mas nya kan orang elko, kenapa ga pake signal conditioning dengan comparator murah meriah seperti NE555 ato LM393? ga nyampe 20rb dah bisa bikin akurat tu speeedo, tapi ya bikinnya dihitung nilai RCnya.
    jadi tinggal pilih speedo digital yang kita pengen pasang.

    1. Anda bisa bikin pake IC555…?
      Atau punya skemanya…???

      Boleh donk belajar ama agan…
      Setau saya 555 cuman buat frekwensi generator saja, kalo buat ngatur jumlah frekwensi dengan metode IO , saya malah blm tau.
      Maklum masih nubie..

  11. . mas, soket supra X itu klo d’toko2 sparepart’y menyatu sma kabel body ato ada d’jual soket’y aja.? nyari d’toko sana-sini blom dpt2…

Komentar bagus selalu menginspirasi dan menyemangati kami