DIY Pasang Double Voltmeter dan Jam digital

Racun pasang digital 3 in 1 cukup bikin galau pemilik Vario 125.
Sayang part 3 in 1 sudah sangat langka sekarang.
Namun bagi yang mau nekad pengen punya fitur yg dapat memberikan informasi waktu dan voltase aki secara bersama’an… mari simak racun berikut…

image

Ane dari dulu dah pasang jam digital gan.. posisi di bawah LCD. Cara pasang Jam Digitalnya klik disini.
Pengen pasang Voltmeter juga tapi bingung mau di tempatkan dimana..??
Melirik sedikit di sebelah kanan papan km, kayak’nya pas tuh buat di jejali Voltmeter, meski agak “ngrusak” dikit, tapi apa salah’nya di coba.

 

image

Kebetulan dimensi Voltmeter ini lumayan mungil, 23 mm X 18 mm.
Pas di ukur di papan panel km, ndilalah cukup…
Yuk… hajar bro….
Bongkar……!!!

image

Tehnik kecoak pun di lakoni…
Gak cuman papan km, daleman pun ikut jadi sarang kecoak.

image

Pemapasan harus extra hati-hati…
Ane cuma pake alat seadanya.. cutter kecil ama penggaris….
Kelewat dikit… hmm… jari bisa tersayat..
Melenceng dikit, hasil gak akan rapih…
image

Pasang Voltmeter sedemikian rupa, jangan lupa di lem, pake double tape juga udah aman…
Pastikan bidang atas Voltmeter sejajar ( rata ) dengan papan km, kalo terlalu dalem, jelek diliatnya.
Terlalu ke atas…. ntar ketabrak jarum km gan…
So…. ini memang sulit….

image

Kabel Voltmeter tinggal di hubungkan ke (+) dan (-) saja, sama kayak kabel jam digital.
Di paralel saja.
Setelah semua terakit kembali…
Puas melihat hasil’nya.
Jam digital dan Voltmeter terbaca semua, tak perlu main tombol seperti 3 in 1.
Lebih informatip pokok’nya….

image

Ada yang kepengen….???? :mrgreen:

Advertisements

25 thoughts on “DIY Pasang Double Voltmeter dan Jam digital”

  1. nyuwun sewu kang mazped,klo pasang
    tachometer di vario 125 itu kabel sensor rpm
    nya disambung dimana ya,kan gak ada
    pulsernya,mohon dibantu mazped..suwun

Komentar bagus selalu menginspirasi dan menyemangati kami