Obat Ngempos Vario 125 Gen 1

image

Ada beberapa yang mengeluh bahwa Vario 125 gen 1 ( keluaran taun 2012 ) suka ngempos, apalagi jika mesin masih dalam kondisi dingin.
Gas di tarik serasa bensin telat, dan jika gas di tarik lebih dalam, maka sontak motor menghentak (kayak permainan slip kopling pada motor sepot )

Dulu…. temen loakan ane ada yang mengeluh ngempos, dan ane saranin ganti manipul set berikut injektor Vario 125 gen 2 ( keluaran 2013 )
Dan menurut penuturan do’i … setelah ganti manipul tersebut, sudah tidak ditemui gejala ngempos lage….. mantap.

Namun sayang.. part manipul Vario 125 gen 2 pada waktu itu masih sangat langka, dan baru pagi tadi ane di tawarin 3 pcs…..

Angkut dah…. dgn mahar 250 rb/pcs.

Cara pasangnya pun mudah, PNP kok…

image

Lepas dulu box bagasi bawah jok..
Keliatan semua tuh bagian engine dan perabotan’nya.

Lepas dulu selang bahan bakar pada injector, dgn melepas klip pengunci yang berwarna kuning.

image

Lepas manipul beserta TB ( ThrotleBody )

image

Mari kita bandingkan perbedaan’nya…
Cekibrot masbro…

image

Posisi injector pada manipul gen 2 lebih dekat dgn ruang bakar.

image

Cukup logis sih jika perubahan posisi injector ini berpengaruh pada cepat – lambatnya suply bahan bakar ke ruang bakar…

Lanjut pasangkan manipul baru ke TBnya… lalu rakit kembali ke mesin…

Plug n Plung….

image

Sepertinya Vario 125 gen 2 ( termasuk yang versi ISS blm pernah denger ada yang ngempos…
Yach… semoga aja dengan ganti manipul ini gak ngempos lage……

Masih ada 2 pcs ni…. ada yang mau..???

Cobain dulu ah…. buat berenang…

Werrr……………………

image

Advertisements

52 thoughts on “Obat Ngempos Vario 125 Gen 1”

  1. Betul tuh Bro, bulan Oktober lalu V125 sy di upgrade ke ISS sekalian ganti part manipulnya, ngempos hilang dan buka gas langsung ngacir :D. Speedo, wiring harness, ecu dan part manipol lama mau dijual sj.

  2. Tanya kang…. Maaf Oot.
    Vario 125 ane ngadat, seluruk kelistrikan mati, lampu speedo, mati….
    Stater mati, tp masih bisa dinyalakan denga diselah dengan lampu2 yang redup, tapi pada saat kondisi kunci di-on-kan. Ada bunyi2an aneh dr arah belakang plat nomor depan…. Tik,tik,tiktik, yg berbunyi cepat….. Kira2 kenapa ya kang….
    Saat ini ane ga berani pk wtf ane kerja, alhamdulillah masih ada motor yg lain…. Soalnya belum ada duit buat ke bengkel….
    Makasi Kang Mazped….

  3. mas saya pengguna vario gen 2 juga, beli mei 2013, masih juga ngalamin ngempos klo stater langsung jalan, tapi kalau di panaskan 3-5 menit baru deh gejala ngempos hilang, dah pernah bilang ke ahass tapi msh sama. gmn mnurut mas?

  4. ya betul bro ujang, vario ISS ( agustus 2013) ane juga begitu. kalo dingin langsung gas pasti bakal nyendat2 & ngempos. biasannya sih ane panasin mesin ya sekitar 30 detik, kalo pagi2 biasanya lebih lama sekitar 3 menitan.
    tapi lama waktu pemanasan mesin bergantung oli nya juga, kalo pake oli AHM cuma sebentar udah panas. kalo pake oli lain (yg lebih bagus) biasanya lebih lama. soale oli yg bagus kan biasanya lebih tahan (lama) panas.

  5. vario 125 saya generasi awal, malah sangat awal (maret 2012). dulu sih memang ngempos dan ngempos yang dimaksud itu bukan hanya pada saat mesin dingin, melainkan pada saat jalan juga. di gas gak langsung respon dan stlh bbrp detik langsung respon, akibatnya seperti loncat gitu

    btw setelah ganti busi cr8e, udah gak ngempos lagi. udah lebih dari 20 ribu km sejak ganti busi tersebut udah gak ada loncat lagi. bbm udh bbrp bulan ini pake premium. dulu sih campur. busi juga gak pernah ganti sejak ganti busi pertama tersebut kwkwkwkkwkw

  6. Tambahan sedikit buat yg mau aplikasi part nii, pemasangan braket selang napas oli, baut pegangan dekat selang napas oli tidak di fungsikan karena body injector mentok, otomatis braket geser sedikit supaya body injector dalam keadaan bebas, perhatikan dengan detail pict ke dua dari bawah….
    Nama part: Pipe Assy Inlet
    Kode part: 17100-KZR-650
    Harga: 350rb di ahaass

    1. Braket Gen 1 bs di pasangkan 2 baut tp harus coak sedikit dengan gerinda…..supaya body injector gak mentok sama braket.

  7. Kenapa pabrikan merk ini tidak melakukan recalling (penggantian part yang cacat produksi/salah),ya? Padahal merk lain pernah Part ECU bermasalah melakukan penggantian gratis.

Komentar bagus selalu menginspirasi dan menyemangati kami