Experimen Pasang Capasitor Bank di NVL

Dah pada tau donk kalo NVL mengalami aki tekor.. di selah berapa kalipun mesin gak akan mau nyala.
Berbeda dengan old Vixion yang masih bisa diselah tanpa accu karena telah di bekali Capasitor Bank dengan kode part 3C1-H1965-00, entah kenapa pada NVL ini justru di hilangkan…

Padahal akibatnya fatal lho….
Bayangin aja kalo aki tekor dan mogok di jalan sepi atau tempat yang jauh dari tanda-tanda kehidupan…
Iso ngowoh pean di godani demit. :mrgreen:

image

Okey…. langsung aja bengkel dibuka…
Regedeg…… ada NVL sowan silaturahmi guna pasang pengaman sentuh…
Kebetulan sekali bongkar NVL sekalian ijin experimen pasang Capasitor Bank di NVL…

image

Capasitor yang ane pake berukuran 15.000uF bro…
Cara pasang tinggal di paralel saja dengan accu.

image

Sebagai simulasi kalo accu koit, maka accu gak disambung kutub (+) nya.
Jadi kabel (+) accu langsung di hubungkan ke Capasitor.

Kontak di ON kan… lalu di selah…..

1 x …. aja gelem…
2 x …. ora gelem…
3 x …. ora gelem maning….

Minum aer dulu….

Nyoba nyelah lagi…….

Tapi tetep gak mau nyalah….

Intinya Gagal masbro…..

Yah namanya juga experimen, cuma iseng coba-coba.

Ada beberapa kemungkinan kenapa meski sudah di pasang Capasitor NVL di selah tetep gak mau nyalah…
1. Ukuran Capasitor kurang gedhe
2. Jalur pemasangan Capasitor Bank yang benar tidak seperti cara diatas, mungkin arus simpanan dari Cap Bank hanya di arahkan ke perangkat yang bersangkutan dengan injeksi saja, sedang cara di atas arus simpanan Cap Bank akan lari kemana-mana.
3. Capasitor Bank ori pabrikan bisa saja tak hanya berisi Capasitor saja, bisa jadi ada rangkaian tertentu sebagai penunjang fungsi Capasitor sebagai penyuply tegangan ke perangkat injeksi.
4. Montirnya bego, sok tau aja dan kurang kerjaan :mrgreen:

Ane belum menyerah masbro… Semakin penasaran ama kasus ini.
Siap-siap berburu Capasitor Bank Old Vixi dan CB150R buat experimen lagi…

Hm…. ada yang mau jadi korban percobaan ane….???

Advertisements

72 thoughts on “Experimen Pasang Capasitor Bank di NVL”

  1. Vario125 ku pernah soak akinya, ditambah bensin kering alias kehabisan bensin, tapi pas di isi bensin langsung nyala lagi, apakah ada kapasitornya?

    1. Klo di supra x 125 helm in pgm fi udah ada Capasitor Bank blom kang…. klo blom ada, bisa ga ditambahin Capasitor Bank….. thx kang…

    1. sy test capasitor bank di mio j gak berfungsi kalau tanpa aki, jadi perasaan ECM ama pompa Injeksi yamaha yg baru kok perlu tegangan besar ya? untuk NVL kalau ada yg mau coba pasang capasitor bank tanpa aki trus dorong mau hidup gak belum ada kelinci percobaan.

  2. Kalo dilogikan bisa sih. Mungkin akinya sudah habis banget. Gak bisa kasih energi yang cukup buat di simpan kapasitor. Tau ah, cara kerja kapasitor sebenarnya itu gimana sih 😀

    1. Hasilnya….???

      Btw.. kiprox NVL konon beda dgn kiprox old vixi, yang mengelola pengisian aki.
      Menurut teknisinya kalo mau berhasil kudu ganti kiprox dulu.

      Cmiiw

    2. aki harus tetep nyambung mas bro. Karna menurut blog om kenthoet,kiprok ga mau ngeluarin listrik jika tidak ada aki.
      Om kenthoet jg udah buktiin. nvl berhasil hidup dengan aki soak plus capasitor bank. Namun ketika aki dilepas, motor diengkol berkali kali jg ga mau hidup.

      Jadi kesimpulannya,cuma masalah di aki. Harus nyambung. Besok lagi nyobanya pake aki tekor aja bro.

  3. Salam kenal bro, kulo cah Kutoarjo.
    Masukan aja: klo ditambah penyearah (dioda) mngkn ada efeknya bro. Tp aq jg blm pernah coba dink…….
    Melu nyimak ae…

    1. Ya kalo pake dioda kan arus jadi searah saja.
      Sedang capasitor kan pertama buat ngisi (masuk) lalu buat nyuply (keluar)
      Lah tambah dioda ya terus pie.. :mrgreen:

  4. usul
    bukan sok!!
    mungkin……
    mungkin Ni yaaa….!!
    mungkin tu Capasitornya belum keisi Sama arus listrik!!
    jd coba sambungin dulu aki nya!!
    bila perlu bangunin bentar tu “shincan” bila perlu geber dikit .Heeeeeeeee!!!
    baru copot tu aki aki!!!
    monggo dicoba!!
    semoga berhasil!!

    1. mas bro numpang nanya., NVL gw udah gw fullwave pake kiprok TIG*R., tapi kok lampu spido nyalanya tetep nunggu mesin nyala yah,ga mau jreeng pak kontak di ON., la itu ngambil arusnya dari mana??

  5. jd dalm kiprox nvl d semacam “relay” gtu pO mas??
    kelebihan ato kekurangan ya mas??

    atau mungkin bisa jg cap g mencukupi saat kompresi awal mesin (saat kontak on) n tenaga habis cuma buat bilang “Hi Broooo”

    senang bisa konsultasi dg mazped!!

  6. untung verza sy dah disimulasi; aki dicopot, tendang 3x kickstarter mesin langsung nyala.
    Tp headlamp nyalanya kedip2 ngikut gas ky motor bebek

    btw.. puaslah, buat jaga2 waktu aki tekor.
    Cap Bank buat NVL tetap dtunggu updatenya mas.. salam..

  7. Setau ane capasitor bank harus di cas dulu bro. Soalnya awalnya kosong. Kalo langsung di konek ke aki malah jdi makan listrik yg ada di aki. Jdi sebaiknya di cas terlebih dahulu. CMIIW

    1. Caoasitornya akan terisi pas kick starter di tendang mas.
      Gak ada gunanya meng’charge kapasitor karna penyimpanannya hanya bersifat sementara.

  8. Mungkin pasange perlu di keluaran kiprok ato harus di matikan dulu lampu depannya bos.maslahe gak ada tombol lampunya.jadi setrume mlayu neng lampu depan blakang.

Komentar bagus selalu menginspirasi dan menyemangati kami