Lebih Dekat Dengan LED Vario 110 Fi

10178044_826824880664378_6357377358032888921_n

Bicara soal motor.. hal yang paling ane suka adalah bagian kelistrikannya…

Ya soalnya cuman di bagian itu ane agak paham :mrgreen:

Ketika dapat kesempatan mengexplorer si Vario 110 Fi pada event Fun Riding Blogger goes to Ujung Genteng kemaren… uji pancaran headlamp LED Vario 110 pun di uji pada malam harinya..

Kompak euy.. semua blogger penasaran dan rela turun dari peraduan meski sedikit di guyur gerimis… gak masalah…

spek daya led vario

 

Untuk kali ini… ane salut ama  insinyur AHM yang udah nge’desain headlamp LED ini dengan baik banget.

Konstruksi reflektorisasi LED yang mampu memaksimalkan daya pancar LED yang HANYA 2,2 watt saja , namun hasilnya lebih baik dari bohlam halogen 35 watt sekalipun.

daya pancar led vario

Jepretan di atas di buat seREAL mungkin dengan kondisi di lapangan…. berdaya pancar 18.000 Candela ( lilin ) sedang standar minimum lampu penerangan kendaraan roda dua ada pada 12.000 Candela.

Jozzzz Gandozzzzz…..

Tetep dalam hati bertanya-tanya…

Kok bisa ya…. 2,2 watt x 2 bisa seterang ini…

Ane yang sering mainan Luxeon 10 watt pun hasilnya gak seterang ini bro… geleng-geleng tenan poko’e…

Selain itu tampilan dari depan ketika lampu menyala juga cukup menarik… beda dari motor pada umumnya.

Posisi lampu dekat.. hanya 2 buah LED yang menyala yaitu di pinggir sisi kiri dan kanan.

lampu dekat

Sedang lampu jauh.. ke-4 LED menyala bersamaan , sehingga total daya pada posisi lampu jauh ini menjadi 4,4 watt x 2 alias 8,8 watt saja.

lampu jauh

 

Meski terang.. namun gak bikin silau bro… kerja reflektor cukup bagus mengarahkan sinar fokus kedepan.. gak ke atas.

Sebuah gebrakan LED’nisasi yang nyaris sempurna…. kok nyaris..??? ya karena masih ada sedikit kekurangannya, namun overall sudah patut di acungi jempol.

Hayo apa kekurangannya…????

Warna sinarnya masbro…. putih… menurut logika sih gak tembus kabut… tapi gak tau deh kalo AHM udah melakukan tes di jalanan berkabut dan sudah di pastikan aman.

 

suhu warna led

Mungkin akan lebih sempurna lagi jika pada lampu dekat di beri LED yang berwarna agak kekuningan , bahasa lainnya putih warm , kisaran 3200 – 4200 K  jika di ukur dengan suhu warna.

Cukup di lampu dekat saja , lampu jauh tetep menggunakan warna putih… keren kayaknya jika di aplikasikan untuk generasi berikutnya.

Lampu dekat kuning untuk jaga-jaga menerjang kabut atau hujan deras di malam hari, sementara lampu jauh putih buat nembak atau ketika butuh pencahayaan lebih juga menambah kesan mewahnya.

Pie bro….?
setuju…?????

 

Semoga berguna

Advertisements

65 thoughts on “Lebih Dekat Dengan LED Vario 110 Fi”

    1. Bisa jadi… tapi kalo LED cree panasnya gak ketulungan om..
      Cree pake tegangan rendah skitar 3,7 volt sehingga arusnya gedhe.
      Beda dgn HPL yg biasanya pake tegangan 12 volt.

      Tau kan rumus daya
      Watt = tegangan X arus

  1. Harusnya memang lampu dekatnya warna kuning,lampu jauh kuning keputihan jangan terlalu putih silau kasihan arah yg berlawanan,mungkin belinya entar nunggu ada refisi dari Harusnya memang lampu dekatnya warna kuning,lampu jauh kuning keputihan jangan terlalu putih silau kasihan arah yg berlawanan,mungkin belinya entar nunggu ada refisi dari Harusnya memang lampu dekatnya warna kuning,lampu jauh kuning keputihan jangan terlalu putih silau kasihan arah yg berlawanan,mungkin belinya entar nunggu ada refisi dari Harusnya memang lampu dekatnya warna kuning,lampu jauh kuning keputihan jangan terlalu putih silau kasihan arah yg berlawanan,mungkin belinya entar nunggu ada refisi dari ahm

  2. Harusnya memang lampu dekatnya warna kuning,lampu jauh kuning keputihan jangan terlalu putih silau kasihan arah yg berlawanan,mungkin belinya entar nunggu ada refisi dari ahm

    1. Aki itu sebenernya kepake dalam kondisi mesin mati saja masbro…
      Kalo mesin hidup… aki justru di’charge dan semua kebutuhan listrik disuply ama sepul ( altenator )

  3. mas brow apa lampu ini (2x2watt)ini ada dipasaran? coba mas broww cari dipasaran dan apakah bisa diaplikasi modif lampu di matic biasa

    1. Gak bisa di aplikasikan ke motor lain mas..
      Karna reflektor di desain khusus untuk merefleksikan sinar LED dari atas kedepan.
      Sedang reflektor pada umum’nya titik sinar berada di tengah.

  4. Karena pijarnya LED tidak panas, mampir ke tukang stiker aja om, pasangin stiker kuning transparan. pastilah awet, kan suhu LED tidak sepanas lampu pijar biasa 😎

    1. Jika menghadapi kabut… maka jarak pandang menjadi pendek masbro.. Karna itulah lampu dekat biasa diseting warna kuning biar jalanan keliatan.. kalo dibalik lampu jauh yg kuning atuh gimana..?? Lampu dekat kan lampu yg nyorot ke jalan kalo dibuat putih malah gak keliatan jalan’nya masbro.. wkwkwkwkwkwk lucu sampeyan mas..

  5. setuju bro…
    dan emang ini yg saya sangsikan dari headlamp vario new ini.. apakah sinar nya bisa menembus kabut/hujan dan track basah(abis ujan).. dan itu belum ada yg mereview..

    1. kalo cuman hujan ringan dan sedang masih cukup aman kok..
      pengalaman pake HID 6000K di hujan deras masih kelihatan, gak tau kalo kabut.
      Toh mungkin pihak AHM sudah menguji safetynya sebelum di lempar kepasar… IMHO

    2. Lampu new vario jelek benar benar jelek dalam keadaan hujan ataupun berkabut untuk low okelah waktu dalam keadaan berkabut tp untuk high nya parah seperti di dalam kelambu….dan waktu hujan low nya parah tidak kelihatan alias remang remang high nya oke….kalo ada hpl yang kuning ditempatku mending yang putih saya buang….dalam perkotaan tidak masalah karna masih ada penerangan lampu jalan coba ditempatku pedesaan tanpa ada penerangan jalan…berkabut lagi…ampun deh

  6. Honda memang semakin terdepan tehnologinya,ga ada tandingannya deh….untuk kdepannya vario 125 pake LED juga dong,psti tmbah kereeen abis…harusnya yg punya logo “Semakin didepan” adalah Honda…setujuuu……!!!!

  7. Q pake beat fi,q pasang lampu LED asesoris yg ada kipas kecil dibelakang lampunya…awet,ga nguras batrei,tmbah terang n kereeeeeen….

    1. Baca dulu Undang-Undang mengenai penggunaan lampu yg diperbolehkan.
      Lampu utama berwarna kuning atau putih dan maximal berjumlah 2 buah.

      Vario 110 masih mengikuti peraturan yg ada.

      Kalo ditilang gara2 lampu putih.
      Bisa dipastikan tu polkis buta ama Undang-undangnya sendiri alias o’on

      ˘ ºˇ ώκώЌώκ ˚••˚ώκώЌώk

  8. sejak kapan seri VARIO pake pendingin udara alias kipas? ini mah motor New Beat FI di kasih baju Vario? hadeeeehh… Vario 110 pertama aja make radiator? masa Seri Vario baru malah Penurunan Fitur.. honda kok gitu ya? nama VArio yg identik dgn fitur Liquid Cooler nya sekarang pake kipas sate? Teganya.. Teganyaa.. jadi kesanya Motor MURAHAN? sekelas Beat padahal kan bawa nama VARIO? tanya kenape?

Komentar bagus selalu menginspirasi dan menyemangati kami