Di Seting Boros.. CBR150R Tetep Irit

image

Skedar cerita….. Pas balik dari kampung halaman kemaren, ane  isi fulltank CBR ane dgn Pertamax di SPBU Toyan, Tripmeter ane reset 0 km guna mencatat jarak tempuh perjalanan ini.

Stelah berdoa.. ane gass menempuh rute Kulon Progo Yogyakarta – Purworejo dalam kondisi lalu lintas lancar.. Kebumen – Gombong – Wangon macet parah sehingga hanya melewati bibir aspal saja, Wangon – Ajibarang lancar jaya, namun berbalik keadaan stelah melewati Ajibarang – Bumiayu – Prupuk, jalan sepanjang 52km macet parah, lagi2 hanya melewati bibir aspal dan sesekali lawan arus.
Prupuk – Ketanggungan – Cirebon – Kuningan lancar banget…
Top speed terekam 121km/jam di gear 5.
Suhu max 106°C dan RPM max 11.500rpm.

image

Loh kok lewat Kuningan..???
Yup… ane mampir dulu ke tempat Boss Besar ane di Kuningan dan bermalam disana.
Esok paginya ane muter-muter kota Kuningan liat pemandangan Gunung Slamet Ceremai trus siangnya lanjut gass lagi.
Lalu lintas Kuningan – Cirebon lancar.. nyampe Palimanan udah disambut macet parah menuju Pantura dan terpaksa ambil jalur alternatif via Majalengka – Sumedang – Cikamurang – Kadipaten – Subang – Purwakarta – Cikampek – Bekasi – Tangerang.
Jarak yang di tempuh total 724 km.

image

Sebelum nyampe Tangerang… ane isi BBM dulu di Kalimalang.
Jarak tempuh ketika sampe Kalimalang pada Tripmeter menunjuk angka 686,4 km.
Ane isi Pertamax Plus sampe fulltank ternyata hanya 10,6 liter saja…

image

686,4 km cm habis 10,6 liter pertamax…?? CBR edan kok….
Irit untuk ukuran motor sport..

Ubahan yg dilakukan hanya sebatas penggantian koil ultraspeed, busi iridium dan knalpot CS1.
Ubahan di atas ternyata membuat CBR brebet di rpm 7000, karna itu ane seting boros dgn mengganjal Resistor 1,2 ohm pada sensor O2nya.
Alhasil gejala brebet di rpm 7000 hilang dan performa meningkat.

Tapi kok tetep irit yak….???
image

Advertisements

29 thoughts on “Di Seting Boros.. CBR150R Tetep Irit”

    1. CBR irit iya kalo buat jarak jauh (touring), coba jarak dekat/harian (+macet2an), pengalaman ane sih dpt 30 km/l, coba tes lagi gan dipake harian +macet2an.

    1. iy ni gan… cs1 ane untuk pemakaian harian rata2 konsumsi bensinnya 1:37 (pertamax)… ubahannya hanya di kepala busi yg no resist, PJ 38, knalpot racing harian (n*b1). ban tubeless depan 80/80 belakang 90/80, ane tes selama 2 minggu penuh, tiap kali isi bensin dicatat odometernya… apa mungkin perlu diinjeksikan ya gan?
      kapan nih proyek menginjeksikan cs1? 😀

    2. Agan mazped, sya punya dua motor ini. Cs1 dan cbr150 fi cbu thai, klo ane bandingin, kok sya lbh sneng suara cs1 ya dr pd cbr150 fi..yg cs1 lbh garang..hehe, nah stelah sya pikir2, gmn klo knalpot cbr sy ganti pake cs1 jg..scra klo ganti knalpot racing rawan razia gan. Hehe

      Nah, itu gmna gan caranya..pnp kah..dan beli nya dmna gan knalpot cs1 nya..yg sekenan aja..hehe makasi gan

Komentar bagus selalu menginspirasi dan menyemangati kami