Akselerasi CBR150R lokal Unggul Tipis dari R15.. Kok Bisa….?

image

Lagi rame di warung kang haji TMC-Blog mengenai Akselerasi CBR150R lokal unggul tipis dibanding R15… ane sendiri pada awalnya kaget…

Lho…. kok bisa begitu ya..???

Sebelumnya…. ane mengira, akselerasi R15 harusnya lebih bagus ketimbang CBR150R lokal dengan melihat data spek keduanya CBR150R power max 17,1 PS @10.500 rpm dan torsi max 13 Nm @7500 rpm dengan berat 143 kg.

Sedang R15 Power Max 16,59 PS @8.500 rpm dan torsi max 14,5 Nm @ 7.500 rpm dengan berat 136 kg .. .

Dari data dapat di tarik Power to weight Ratio (PWR) dari CBR 150R 0,1195 PS/kg dan PWR Yamaha R15 sebesar  0,1219 PS/kg.

image

Logikanya… untuk tarikan awal.. R15 unggul.. apalagi dengan range percepatan 0 – 60 km/jam saja..
Untuk 60 km/jam ke atas pasti akan beda lagi hasilnya.

Karakter CBR150R CBU memang ane akui agak kedodoran di putaran bawah, baru nendang di rpm 7000 keatas, kebalikan dari R15 yg pernah ane jajal di alun-alun Wates dulu… nampol banget tarikan bawahnya. Dan jujur ane kasih jempol buat R15 buat akselerasinya.

Jadi kalo akselerasi CBR150R bisa mengimbangi R15 itu sesuatu banget buat ane.

Power CBR150R lebih besar dari R15 tapi torsi CBR lebih kecil.
Torsi ini erat kaitanya dengan akselerasi.

Masalah top speed entahlah.
Apa akan drop…?
Atau malah tambah melejit..

Dengan memperbesar sproket belakang 3 mata, logikanya gear 6 jadi memiliki torsi lebih besar ketimbang versi CBU, sehingga masih mampu untuk mengail kecepatan puncak karna gak overdrive.

Tapi nunggu fakta dilapangan aja dah.. daripada mumet…

image

CBR150R lokal dengan paduan sproket 15-46 ternyata mampu mendongkrak akselerasi mengimbangi R15 itu udah cukup bagus buat ane, setidaknya bisa jadi solusi buat CBR150R CBU yang mau ningkatin akselerasinya.

Paduan gear CBR150R CBU 15-43 pasti akan lebih nampol dengan racikan sproket 15-46.
Nanti akan coba ane buktikan.

Last…. ini hanya sebatas opini pribadi ane sebagai manusia awam yg gak paham hitung-hitungan kek gini.
Masih perlu upgrade pola pikir juga nih. Ngoahahahahahaha.

CBR150R lokal vs R15 memang cukup bikin puyeng sang calon buyer.
Semua punya keunggulan masing-masing.
Kenapa dibikin mepet-mepet..?
Ya itukan strategi marketing mereka.
Bagaimana membuat produk yang bisa mengimbangi spek kompetitor dgn harga seimbang juga.

Mau spek lebih tinggi…???
Bisa saja… tentu harga juga akan tinggi…

image

Pilih mana…??
Kembali ke selera masing-masing.

Advertisements

0 thoughts on “Akselerasi CBR150R lokal Unggul Tipis dari R15.. Kok Bisa….?”

    1. Cbr250 aja di injek2 sma R25….apalagi cbr150r lokal kualitas lokal bkn kualitas eksport, R15 n R25 kualitas eksport bro….yamaha semakin didepan…

  1. saya sudah test drive baik R15 atau pun CBR 150 lokal, speed sama sama aja, rasanya lebih nyaman untuk dikendarai adalah CBR 150R lokal, saya tidak fanatik merk tertentu, saya coba dua duanya karena ada niat mengambil motor sport u/ pendamping roda 4 saya, alias beli roda 2 sport u/ jalan2 sore atau sabtu minggu saja, jadi pasti saya mau yg nyaman dan speed juga lumayan (namanya juga cuma 150cc), saya putuskan ambil CBR 150R lokal (kendaraan nyaman yg mudah dikendalikan di top speed dan tarikan awal juga di tikungan berkelok2).

Komentar bagus selalu menginspirasi dan menyemangati kami