Berbagi Pengalaman Mudik Via Kereta Api.. Gampang2 Susah

Artikel live dari gerbong KA Fajar Utama Jogja masbro…
Yups… pada kesempatan ini saya sedang melakukan perjalanan menuju Jogja menggunakan jasa angkutan Kereta Api..

Gujess…. Gujesss…. pokok e…

Berburu tiket Kereta Api bukanlah hal mudah di saat saat liburan panjang seperti ini.
Pemesanan tiket pun sudah dibuka jauh-jauh hari yaitu 90 hari sebelum keberangkatan.

Nah… bagi yang liburnya sudah terjadwal jelas, gak masalah…
Bahkan bisa pesan sebulan atau dua bulan sebelumnya karna dipastikan masih banyak tiket yang tersisa.

Lhaaaa beda dengan saya.
Kerja sebagai buruh pabrik, liburnya masih simpang siur kapan pastinya.
Sehingga mau pesan tiket jauh-jauh hari sangat tidak di mungkinkan.
Pasti udah pada habis gak bersisa.

Alhamdulillah… temen ngasih sebuah tips.

Bagi penggenggam Android, silahkan download sebuah aplikasi pemesanan tiket online.. contohnya paditrain atau Tiket Kereta Api.

Dari aplikasi itu kita bisa memantau ketersediaan tiket Kereta Api semua kelas komplit beserta harga dan waktu berangkat.

Nah kemarin… selasa, saya baru diberi tau ama bosss kalo besok udah libur.
Awalnya dalam fikiran saya, pesan tiket Kereta Api dadakan di waktu liburan seperti ini adalah hil ying mistihil.
Tapi temen saya ngasih saran..

“Rajin-rajin aja ngecek… kadang suka nongol satu atau dua.”

Hmm… mungkin dari yang ngebatalin kali ye..

image

Yup… benar saja..
Dari bakda Dzuhur sampe menjelang Ashar nunal nunul HP memang bikin gemesss.
Kadang muncul 1, setelah di refresh… ilang keduluan orang.
Muncul lagi kadang jenis kereta yang berbeda…
.
Sayang… biasanya kalo waktu liburan apalagi dadakan kek gini, tiket yang muncul cuman 1 thiL… jarang nongol 2 atau lebih.

Setelah berjuang… alhamdulillah dapet juga.
Pesan sore buat paginya berangkat.
Jossss tenan… ngrasain perjuangan bener ni berburu tiket online.

Berbagi tips ini ama temen di BBM, akhirnya temenku ikut berburu juga.
Alhamdulillah dapet juga mesti beda kereta.

Rapopo…. penting mudik ketemu simbok.

Ngoahahahahahahahah… πŸ˜€

Skip… skip…..
Kembali ke cara pesan tiket.
Sengaja… saya pesan tiket ini dengan 2 cara yang berbeda.
Pertama via minimarket, kedua via online melalui aplikasi Android.

Via Minimarket
Bagi yang masih takut beli online, aplikasi ini bisa dijadikan panduan saja buat ngecek ketersediaan tiket.
Pertama kita masukkan dulu stasiun keberangkatan dan tujuannya.
Lalu waktu keberangkatan, tanggal – bulan – tahun.. trus jumlah tiket.
Klik CARI KERETA.

image

Tunggu sampe proses buffering selesai, maka akan muncul nama-nama keretanya.
Silahkan cek yang sesuai selera dan kantong.

image

Setelah cek.. ada kursi yang kosong, silahkan langsung meluncur ke minimarket seperti alfamart atau indomart yang menyediakan jasa pemesanan tiket Kereta Api.
Ketemu ama mbak-mbak cantik di meja kasir.
Jangan lupa bawa Identitas diri seperti SIM atau KTP.
Yang gak punya SIM pake KTP aja.
Yang takut ketahuan jomblo ya pake SIM aja. πŸ˜€
Untuk anak-anak bisa pake Kartu Pelajar, sedang untuk bayi atau balita cukup pake tanggal lahir sebagai no id.
Untuk pemesanan via minimarket, saya kemarin di kenakan biaya admin 7.500 saja per tiket.
Dapet struk nota pembelian tiket, kode booking dan senyum manis dari mbak kasirnya.
Struk harap disimpan untuk ditukarkan dengan tiket aslinya di stasiun terdekat.
Jika perlu di foto pada tulisan kode booking, karna hanya bagian itu yang nanti akan digunakan.

.
Online via aplikasi Android
Bagi yang sudah terbiasa beli online, silahkan ikuti petunjuk pada aplikasi tersebut untuk pembokingan tiket, pengisian data identitas diri ( SIM/KTP ), pembayaran dan petunjuk penukaran tiket.
Jangan lupa untuk membuka email, karna informasi lengkapnya biasanya dikirimkan melalui email.
.
Via online.. kita hanya di beri tenggang waktu transfer hanya 1 jam, jika lewat ya kadaluarsa. Tiket akan di lempar ke orang lain.
Setelah melakukan transfer.. kita akan diberikan kode booking via email.
Lengkap dengan identitas kita yang nanti akan di cetak di tiket dan no tempat duduknya.
Jangan lupa disimpan baik baik… file pdf’nya kalo perlu di print.

image
Lingkaran merah adalah kode bookingnya

Yup…. setelah kode booking kita terima, kini tinggal menukarkan kode tersebut dengan tiket aslinya ke stasiun terdekat paling lambat 1 jam sebelum keberangkatan

Yukk…. brangkat…..
Saya ambil contoh penukaran tiket di Stasiun Pasar Senen..
Kereta saya berangkat jam 07.30 pagi, alhamdulillah dengan ojek CB blar-blar brangkat dari Tangerang bakda Subuh bisa nyampe Pasar Senen 2 jam lebih awal sebelum kereta berangkat.

Pasar Senen mbog… dudu Gumilir… πŸ˜€

Kalo dulu… kalo mau nuker tiket online kita akan di arahkan ke loket khusus penukaran tiket online.
Disana kita akan disambut ama mbak-mbak yang siap melayani.
Tapi kadang juga tante-tante, kadang emak-emak.
Ya tergantung nasib dan keberuntungan kita sih.

Tapi ternyata kini di Stasiun Pasar Senen metodenya sudah ganti.

Mbak-mbaknya udah diganti ama mesin CTM ( Cetak Tiket Mandiri ) yang gak ada cantik-cantiknya babar blasss… yaiyalah… mesin mbog.
Coba aja lirik sebelah, kali aja ada yang bening, tapi lihat dulu….. posisinya jomblo apa bawa gandengan…. ( ajaran sesat nih πŸ˜€ )
Heheheh just kidding.

image

Kembali ke mesin CTM.
Pada mesin CTM kita tinggal memasukkan kode booking pada kolom yang sudah di sediakan.
Modelnya touch screen bro…. kayak WARTEG.
Gampang kok…
Setelah kode booking di ketik, lalu klik CARI/SEARCH.

image

Maka akan muncul data diri kita yang nantinya akan di cetak ke tiket.
Jika data sudah benar… klik CETAK/PRINT.
Tiket pun di cetak… mak krik…krik…krikkrikkk… serrrrrrr…

image

Sobek tiketnya dengan hati-hati… jangan di tinggal…. kcuali kalo mau ndagel ya gak papa di tinggal..
wk wk wk wk wk

Setelah tiket di cetak…
Siapkan identitas diri, di sesuaikan dengan data diri pas kita pesan.

image

Lalu kita masuk melalui jalur peron sesuai nama Kereta yang akan kita tumpangi.
Antri mbog….

image

Tunjukkan tiket dan identitas kita pada sekurity penjaga peron.
Kumisnya gak nguati berooo…
Gak usah dilirik.. tar dikira maho.

Masuk peron dan kita nunggu kereta yang akan membawa kita ke tujuan.

image

Sippp… perjalanan dimulai.

Perhatikan barang bawaan anda.
Berdoa semoga sampe tujuan dengan selamat dan jangan lupa ibadahnya.

image

Gujes…gujes… happy trip bro….

Tunggu saya di Jogja ya.
Dan nantikan petualangan mazped di Jogja.

Tetap di Mazped.com…….. Jalan – Jalan …… AAAUUUUUUUUUUUUU…….. ( tukul mode on )

Advertisements

20 thoughts on “Berbagi Pengalaman Mudik Via Kereta Api.. Gampang2 Susah”

Komentar bagus selalu menginspirasi dan menyemangati kami