Embung Kleco… Destinasi Wisata Baru di Kulon Progo.

image

Embung…….
….dalam kamus warga sekitar sini di artikan sebagai waduk buatan.
Di kampung saya, kira-kira 8 km dari rumah ternyata ada tempat wisata baru berbentuk waduk mini yang dinamai Embung Kleco.

Karna statusnya yang masih baru… banyak yang belum tahu keberadaan waduk ini.
Bahkan warga sekitar pun ada yang belum tau…
Jadi memang bener-bener gresss.

image

Embung Kleco ini terletak di dusun Ngesong, desa Giripurwo, kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo.
Untuk menuju kesana sangatlah mudah.
Jalanan mulus sampe ke lokasi..

Dari pusat kota Wates kita cari saja jalan yang menuju ke pemandian Clereng..
Kalo di google map namanya jalan Jembatan Clereng.
Ikuti saja jalan tersebut sampe nemu jalan lurus di tengah sawah…
Nah dari situ sudah terlihat Embung Kleco di arah jam 2.
Setelah melewati trek lurus di tengah sawah, maju lagi kira-kira 2 km, kita akan menjumpai sebuah pertigaan, belok kanan melewati jembatan panjang yang bernama sawahaking.
Nah… dari jembatan tersebut, ikuti saja jalannya sampe nemu jembatan kecil.
Setelah jembatan kecil ada pertigaan, ambil kiri, di pertigaan tersebut sudah ada plang “Embung Kleco”
Ikuti jalan tersebut sampe habis… jalan lumayan menanjak bro…
Setelah mendapati jalan setapak 2 arah… kurangi kecepatan…
Karna petunjuk arah Embung hanya ditulis tanda panah dan huruf WM ( Waduk Mini ) dengan cat biru di sebuah batu.
Belok kiri di tanda tersebut sampe ke lokasi.

image

image

Saat ini belum ada biaya retribusi untuk masuk ke tempat wisata ini.
Kita hanya di kenakan ongkos 2 ribu saja untuk parkir roda dua.

Di area parkir ini kita sudah di suguhkan pemandangan elok di lereng pegunungan menoreh… tentu dalam kondisi cuaca yang mendukung.

image

Untuk mencapai waduk, kita musti berjalan kaki memutar.. gak jauh kok.
Kita akan melewati batu prasasti yang masih kosong.
Bener-bener ni waduk belum di loncing…
Tapi tenang… gak bakalan bermasalah kalo tebar spyshot di area ini… Aman masbro..

Ngoahahahahahahahah…

image

Memang… waduknya gak seberapa besar sih.
Tapi view pemandangannya gileee bener…

image

image

Pusat kota Wates, Parangtritis, Gunung Kidul, gunung Merapi sampe laut selatan terpampang di depan mata.

Subhanallah….

image

image

image

image

Masih kurang puas….???

Dibelakang waduk ada sebuah bukit kecil.
Kita bisa mendakinya untuk melihat pemandangan dari lokasi yang lebih tinggi…

Hmmm…. udah kayak negri di awan bro…

image
image

Saling tebak lokasi di tempat ini juga seru…
image

Kembali ke waduk….
Kalo di lihat… sumber air waduk ini hanya dari air hujan. Sepertinya gak liat ada aliran dari mata air atau sungai yang mengarah ke sini.
Strong Point waduk mini Embung Kleco ini lebih mengarah pada pemandangan eloknya di lereng bukit.. bukan pada waduknya. IMHO.

image

image

Penasaran dengan waduk mini Embung Kleco…
Silahkan mampir jika suatu saat melewati kota Wates kab Kulon Progo…

image

image

Jangan lupa mampir gubuk ane juga ya…
Xixixixixi….

Embung Kleco…. layak dikunjungi bagi yang suka pemandangan alam di lereng bukit…

image

image

Soooo….. pantau terus artikel liburan mazped kali ini….
Tetap di Mazped.coM…… JhaLan…. JhaLan….

Aaaauuuuuuuuuuuuu………

image

Advertisements

14 thoughts on “Embung Kleco… Destinasi Wisata Baru di Kulon Progo.”

Komentar bagus selalu menginspirasi dan menyemangati kami