Ini Solderku… mana Soldermu…

image

Dalam dunia elektronika… pasti gak akan jauh dari yang namanya solder menyolder.

Menyolder ki opo to cah…???
Segala kegiatan yang menggunakan alat berupa solder di sebut menyolder..

Kalo alatnya pake amplas… namanya mengamplas.
Kalo pake ember… namanya mengember… po piye 😀

Menyolder…… arti secara umum menurut kamus mazpret adalah..
Merekatkan komponen ke papan sirkuit ( PCB ) di bantu dengan patri / timah / tenol.

Nah…. kenapa nih kok tumben mbahas solder….??

Selama ini banyak yang tanya masberoooo….
Kalo lagi utak-atik tuh pake solder apa…???

Wuoooke….. kita bahas satu-satu senjata kelistrikan ini.

image

Solder 40 Watt…
Solder ini tergolong solder konvensional masbro…. di toko-toko rata-rata yang dijokul adalah model begini…
Nah yang model gini biasanya saya pake buat nglubangin plastik… xixixixixi…
Lho kenapa….?
Soalnya panas bingit masbro….
————————————————–

image

Solder Tembak 25 – 80 Watt
Nah…. kalo buat nyolder PCB dan komponen lain… saya pake yang model ini..
Panasnya passs… daya terkecil 25 watt saja… daya segitu gak bikin komponen rusak, gak bikin tembaga PCB jebol.

Nah… yang kemarin pada experimen sendiri dan nemuin kendala seperti di atas… cek dulu apakah solder yang di pake terlalu panas..??

Solder jenis ini… jika butuh panas maximal.. tinggal di pencet saja tuasnya.. maka panasnya perlahan-lahan akan menjadi 80 watt.
Tapi jangan lama-lama pada kondisi ini, karena elemen akan mudah rusak.
Usahakan mengganti kabel bawaan solder dengan kabel setrika masbroo… biar aman kalo gak sengaja keslomot kabelnya…
————————————–

image

Solder Digital 90 Watt
Solder jenis ini lebih safety digunakan… karena panasnya dapat di atur secara manual mulai dari suhu ruangan sampe 450°C

image

Cara pakenya tinggal seting saja mau berapa derajad panasnya… ada tombol on-off (+) dan ( – )
Solder jenis ini jarang saya pake… pertama karena ribet.
Mau make harus seting dulu…
Solder jenis ini baru akan di pake kalo lagi ngerjain peralatan yang komponennya sensitif terhadap panas… seperti IC program, Led SMD dll.

Masih ada jenis solder lain seperti solder bakar, solder las, blower dll.
Tapi yang saya pake hanya 3 jenis di atas…
————————————–
image

Obeng listrik
Ini bukan solder ya… tapi alat ini sangat membantu dalam ngoprek peralatan elektronika juga mbongkar body motor.
Obeng listrik… jadi gak pegel lagi kalo musti buka baut yang lumayan banyak…..
Alat ini menggunakan batre yang bisa di charger… jadi gak ribet dipakenya.
Kuat dan alhamdulillah dah kepake 3 tahun lebih belum bermasalah….
———————–

Nah…. alatnya dah komplit nih….
Bagusnya ngoprek apa nih….

image

Gimana kalo bikin mini Projie Cree 10 watt..
Terangnya bisa ngalahin Projie COB 18 watt lhoooo….

Tunggu next artikel…

Advertisements

11 thoughts on “Ini Solderku… mana Soldermu…”

Komentar bagus selalu menginspirasi dan menyemangati kami