Modifikasi LCD Negatif Spedo Sonic 150

image

Di artikel sebelumnya udah di bahas cara ganti backlight spedo Sonic 150..
Nah…. kali ini kita akan mencoba trik LCD Negatif di spedo Sonic 150.

Metodenya sama saja seperti yang dulu pernah di ulas di spedo FU, Supra X, CB150R dll.
Kali ini biar lebih jelas aja… gimana sih trik bikin LCD negatif.

Oke…. langsung to de point aja.

Untuk membuat LCD menjadi negatif yang kita utak-atik adalah bagian LCDnya.

Lepaskan dahulu LCD dari covernya..

image

Lalu siapkan cutter kecil.. gak usah pake gagang ya… tapi mesti hati-hati biar tangan gak tersayat.

Perhatikan lapisan paling atas LCD…

Lepaskan lapisan tersebut dengan menggunakan cutter.

Semprot dengan KIT silicon biar licin sob..

image

Setelah terlepas… cuci pake air sabun LCD dab lapisan polarizer untuk menghilangkan sisa cairan silicon.
Biarkan kering dulu…

Bersihkan sisa lem yang menempel dengan di usap-usap pake jari…

Setelah bersih tempelkan kembali lapisan polarizer ke LCD.

image

Perhatikan warna LCD ketika lapisan polarizer di tempelkan…

image

LCD akan tanpak seperti keadaan standar jika pada mode positif..
Maka tampilan layar akan standar seperti orinya…

Jika lapisan polarizer di balik…
Maka LCD akan terlihat gelap..

image

Pada posisi ini disebut LCD negatif atau klise..

Pasang kembali LCD ke covernya..
Pasangkan polarizernya… biar gak goyang, rekatkan dengan menggunakan isolasi bening pada tepi LCD.

image

Solder pin LCD ke PCB dan rakit kembali spefometernya.

Mari kita lihat hasilnya.

image

image

Mudah kan….

Gak kalah ama Xabre pokoknya.

Semoga kepingin….

Advertisements

23 komentar pada “Modifikasi LCD Negatif Spedo Sonic 150”

  1. Mazped tolong dibuatkan artikel new sonic dibuat saklar lampu manual dong, sekalian saklar yg cocok dari motor apa dan diagram wirring kabelnya gimana sekalian? Suwun

  2. Mas bro Mohon bantuan nya.. Motor ane Vega ZR udh saya Pasang speedo Meter FU.. Tpi Sensor Speed Belum kepasang Karna Ribet Harus Bubut Baut As Gear depan dlu.. Klo pake sensor Speed NMP bisa gk yah?? Kabel2 nya minta penjelasan nya mas bro mana yg masuk ke speedo.thanks bro

  3. maz sya pengguna nvl
    mau nanya gimana carany akalin lampu speedo nvl biar pas kontak on backlight nyala ,trus g mati lagi
    jd kontak on lampu backlight’a nyala terus gt

Komentar bagus selalu menginspirasi dan menyemangati kami