Tips dan Trik Modifikasi Spido Vario 125/150 Led

 

Assalaamu alaikum…

Liat pict diatas pasti deh ngiler-ngiler seger..

.

Yups.. sebuah trik baru dari mazpedia.com di ranah modifikasi dasbor sepeda motor…. haiyah…

Nah.. kali ini kami mau berbagi trik dan tips bagaimana cara aman dan nyaman dalam memodifikasi kelistrikan khususnya spidometer.

Spidometer digital merupakan part elektrik yang kompleks ya sob.. dimana didalamnya terdapat komponen-komponen yang “gak umum” dalam artian jarang ditemui ditoko-toko elektronik.. maka dari itu kita musti extra hati-hati dalam memodifikasinya… salah dikit akibatnya fatal…

Nah… untuk menghindari hal hal yang tidak di inginkan… simak tips dan trik modifikasi speedometer dari kami…

Tips 1 : Pemilihan Lampu Led

Salah satu trik modifikasi spidometer adalah dengan penggantian lampu… contoh pada spidometer Vario 125 led.. lampu backlight dan LCD masih berwarna oranye kek kantor pos.

Banyak yang gak suka warna ini… salah satu alasannya ya jadi ketauan banget kalo itu Vario 125.. bukan yang  150… ekekekekekek…

Sedikit berbeda dengan trik masa lalu ya sob.. Kalo dulu nih.. kalo ganti lampu musti nyopotin dari lampu senja led (T10 jagung) padahal di toko online banyak yang jual type tersebut yaitu Led jenis SMD3528… warna bervariasi yah.. mulai dari merah, hijau, biru, biru es, ungu, pink, sampe RGB pun ada…

Nah… untuk warna putih… ini yang agak ribet sob..

Ribetnya dimana sih..?

Untuk type white.. ternyata ada beberapa variasi warna… mulai dari putih warm, putih pure, putih cool dan putih cold..

Yup.. putih di bedakan sesuai dengan suhu warnanya.. mulai dari warm sekitar 4000 K sampai type cold 1200 K

Pengaruhnya apa sih…?

Dalam modifikasi pencahayaan di panel atau LCD spidometer.. warna putih memegang peranan penting dalam menghasilkan nuansa warna yang natural…

Jika bermain warna misal menggunakan skotlite.. warna putih akan sangat berpengaruh terhadap hasil warna yang dihasilkan…

Contoh.. jika kita menggunakan warna lampu putih pure (standar bawaan) lalu di padu dengan skotlite.. maka warna skotlite akan terasa agak aneh.. agak kekuning-kuningan atau kecoklat-coklatan..

Tips agar warna yg dihasilkan lebih nyata yaitu dengan menggunakan type putih cold dengan suhu warna 1200 K.

Mari kita lihat perbedaannya..

Atas adalah contoh penggunaan led smd 3528 cold white sedang yang bawah adalah type pure white bawaan spido Vario 150.

Tpis kedua : kebersihan

Banyak pemula yang gagal dalam memodifikasi spidometer karna hal sepele seperti ini.. yaitu masalah kebersihan.

Ingat.. sisa timah.. kotoran.. dan mungkin benda2 konduktor lainnya jika berada di area PCB akan berakibat fatal saat PCB dialiri arus listrik…

Siapkan kain lap (majun) dan minyak kayu putih atau alkohol untuk membersihkan area PCB pada setiap selesai menyolder  entah penggantian lampu atau komponen lain.

Selain membuat tampilan PCB jadi bersih dari sisa fluk timah.. juga untuk menghindari terjadinya short akibat benda asing di atas papan PCB.

Pastikan papan PCB benar-benar bersih sebelum dilakukan ujicoba dengan arus listrik.

Tips ketiga : Gunakan Solder dengan daya Rendah

Solder… tentu dibutuhkan saat mengutak atik komponen kelistrikan… namun masih banyak yang salah kaprah… makin besar daya (watt ) solder… maka makin bagus…

Belum tentu ya sob…

Kami justru menggunakan solder dengan daya rendah (25 watt) hal ini dimaksutkan agar panas solder tidak terlalu berlebihan saat menyentuh komponen yg kecil-kecil.. yang bisa berakibat rusaknya komponen tersebut… selain itu jalur PCB spidometer terbilang kecil… jika terkena panas berlebih… sangat memungkinkan jalur-jalur pada PCB terkelupas dari PCB… sangat disayangkan bukan.

Pernah ada pertanyaan begini… “kalo soldernya kurang panas.. nyopot led SMD aslinya susah om”

Oke…. memang benar… tapi bukan masalah di panasnya solder… masalahnya pertama… mungkin pen solder yang dipakai bukan yang kualitas bagus… kedua… trik melepasnya yang salah… ketiga karna pen solder tidak bisa menjangkau timah karna terlalu tipis bagian yang tersolder… jadi pen hanya menyentuh PCB dan badan LEDnya saja… akibatnya.. timah tidak leleh… tapi malah LEDnya yang leleh….

Pernah ngalamin….???? Ow… saya dulu sering….

Lho… cara melepas yang benar gimana..?

Jika terasa susah melepas Led SMD… trik pertama adalah dengan menambahkan timah ke kedua kaki led tersebut sehingga timah akan lebih mudah mencair secara keseluruhan… silahkan buktikan…

Tips keempat : maximalkan pencahayaan

Tips ini berlaku buat yang mau bermain warna pada panel atau LCD.. karna warna akan sedikit mengurangi kekuatan sinar yg dipancarkan Led.. maka sinar Led juga harus dimaximalkan agar hasilnya tidak malah menjadi redup.

Pada sisi bawah kaca LCD Vario (contoh) ada lapisan mika tipis yang berfungsi untuk meratakan sinar LED agar tidak nampak menitik pada layar… nah.. bagian atasnya untuk type Vario 150 ini berkelir biru… karna layar LCD Vario 150 berwarna biru… padahal lampu bawahnya sudah berwarna putih.

Kerok saja bagian yang berwarna biru tersebut sampai bersih…. demikian juga untuk type Vario 125… sisi atasnya berwarna putih… kerok juga sisi putihnya dengan cutter..

Ingat.. hanya sisi atasnya saja ya yang di kerok..  sisi bawahnya jangan dikerok.. karna sisi bawah ada bulatan gradasi hitam yg berfungsi meratakan sinar.. jika ikut dikerok maka akan.nampak.bulatan sinar LED pada layar yang akan merusak tampilan.

Jika lapisan atas ini di hilangkan.. maka sinar led akan lebih natural.. pada Vario 125 akan jelas sekali perbedaannya… dimana jika tidak dikerok.. cahaya akan nampak kekuning-kuningan…. dan agak redup… dengan di hilangkannya lapisan bagian atas.. sinar led akan lebih maximal dan warna akan lebih natural..

Tips kelima : Mengganti Polarizer dengan yang baru

 

Khusus untuk yang ingin bermain trik negatif LCD… melepas lapisan polarizer merupakan suatu keharusan…

Banyak yang hanya membalik saja setelah polarizer dilepas… (meski trik membalik ini dulu juga ane yang ngajarin… ekekekekek)

Namun sekarang sudah banyak dijual lapisan polarizer… jadi sebaiknya diganti baru saja.

Alasannya…. jika hanya dibalik saja.. maka antara polarizer bawaan dan kaca LCD tidak ada perekatnya… jika terpapar sinar matahari.. lama-lama akan mengkerut sob… jadi silahkan diganti baru saja karna polarizer baru sudah terdapat perekatnya di salah satu sisinya.

Lapisan polarizer baru kadang gampang baret sob… triknya agar gak gampang baret…. jangan lepas lapisan pelindung bagian atasnya.. biarkan nempel karna lapisan tersebut lebih tahan gores daripada lapisan polarizernya.

Trik memasang polarizer baru sama dengan cara pasang anti gores HP ya sob….

Tapi ingat… ketika memasang polarizer baru.. pastikan area dan tangan anda benar-benar bersih… usapkan minyak kayu putih sedikit pada telapak dan jari anda agar debu dan kotoran tidak berjatuhan di layar LCD yg menyebabkan gelembung udara permanen pada layar.

Pemasangan lapisan polarizer hanya bisa satu kali saja.. jika gagal.. maka harus ganti baru lagi…. ingat.. lapisan ini harganya relatif mahal ya sob…

Tips keenam : Gunakan tehnik bloking yang bagus pada negatif LCD

Pada tehnik negatif LCD masalah yang timbul adalah masih tembusnya cahaya pada sisi background LCD… hal ini akan berakibat berkurangnya kontras antara background dan pixel sehingga akan terasa sulit terlihat pada siang hari.

Hal ini akan terasa parah jika bermain skotlite pada trik pewarnaan LCD.. dimana potongan potongan skotlite akan nampak terlihat pada layar…

Triknya… dengan menggunakan stiker khusus seperti pict di atas… selain mampu memblok sinar pada area background… bagian warna juga akan terlihat lebih rapi tanpa ada penampakan potongan skotlite.. selain itu akibat sinar yang terbloking sempurna pada area background maka kontras antara background dan pixel akan semakin meningkat… efeknya.. pada siang haripun akan nampak jelas dipantau.

 

Tips Terakhir : Nek wani ojo wedi wedi.. nek wedi ojo wani wani.

Ungkapan jawa ya sob.. artinya… jika memang berani melakukannya harus benar benar berani menanggung resikonya… jika ragu-ragu… mending jangan… sebaiknya serahkan kepada ahlinya…

Nah…. cukup jelas yah….

Sekian dulu tips dan trik seputar modifikasi spidometer dari kami… jika ada tambahan akan kami update secepatnya..

Estimasi biaya modifikasi 150ribu, waktu pengerjaan plus minus 30 menit.

WA 087871488426

Semoga berguna…. Semoga kepengen

Wassalamu alaikum….

 

 

Advertisements

3 komentar pada “Tips dan Trik Modifikasi Spido Vario 125/150 Led”

  1. Mazped…

    untuk “stiker khusus” dimaksud, bagaimana cara pembuatannya ?

    atau adakah yang menjual “stiker khusus” tsb ?

    saya menggunakan Motor Honda Verza.

    bila ada info mengenai “stiker khusus” tsb, mohon diinfokan gan..

    Thanks.

Komentar bagus selalu menginspirasi dan menyemangati kami